Permana, Muhammad Indra (2020) Evaluasi dan Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik SMP Negeri 156 Jakarta Pusat. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
1. cover.pdf Download (94kB) |
||
Text
4.Pengesahan.pdf Download (287kB) |
||
|
Text
3.Orisinalitas.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text
2.Abstrak.pdf Download (124kB) |
||
Text
12.BAB 1.pdf Download (229kB) |
||
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (196kB) |
||
Text
13. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
||
Text
14. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
||
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (892kB) |
||
Text
16. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
|
Text
1. Cover Agama.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak Agama.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I Agama.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
|
Text
6. BAB II Agama.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
||
Text
7. BAB III Agama.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
Abstract
Gerakan Literasi Sekolah (GLS ) merupakan kegiatan yang dibuat pemerintah dalam mendukung gerakan membaca di sekolah SMA, SD, hingga sekolah SMP. Hali ini dilakukan karena kurangnya minat baca yang ada di Indonesia berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh PISA pada tahun 2015 Indonesia menduduki urutan ke 62 dari ke72 negara dengan perolehan skor 397 sedangkan pada hasil penelitian PISA pada 2018 Indonesia berada pada urutan ke 75 dengan perolehan skor sebesar 371. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi bagaiamana pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca peserta didik SMPN 156 Jakarta Pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel 88 responden peserta didik dan 30 responden tenaga pendidik Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah guru, staff, dan petugas perpustakaan.Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk pengumpulan data adalah menggunakan angket, observasi dan wawancara kepada tenaga. Teknik analisis data menggunakan program tabulasi data disertai dengan uji validita dan reliabilitas degan skor rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan rendahnya minat baca pada SMPN 156 Jakarta dengan skor 0,896. Hal ini dapat disimpulkan meskipun sudah ada kegiatan gerakan literasi sekolah di SMPN 156 Jakarta Pusat peserta didik hanya mengikuti kegiatan gerakan literasi sekolah berdasarkan anjuran dari sekolah namun tidak berdasarkan dari rasa inisiatif dari peserta didik itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-245-IP |
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca, Peserta Didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:38 |
Last Modified: | 10 May 2022 07:00 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/8876 |
Actions (login required)
View Item |