Search for collections on Universitas YARSI Repository

EFEKTIFITAS MEDIA DONGENG DIGITAL DALAM PENANAMAN NILAI MORAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 22 JAKARTA SERTA TINJAUANNYA MENURUT ISLAM

ARBI, KHOBAB ROFIQUL (2020) EFEKTIFITAS MEDIA DONGENG DIGITAL DALAM PENANAMAN NILAI MORAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 22 JAKARTA SERTA TINJAUANNYA MENURUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Cover 1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi_Abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi_Halaman Pengesahan.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi_BAB1.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text
Skripsi_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
Skripsi_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
Skripsi_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
Skripsi_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text
Skripsi_BAB6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
Skripsi_Halaman Ori.pdf

Download (228kB)

Abstract

Mendongeng adalah sebuah seni bercerita yang dapat digunakan sebagai sarana untuk menanamkan nilai moral pada anak. Seiring dengan perkembangan teknologi, metode penyampaian dongeng dapat diberikan melalui dongeng digital. Penyajian konten cerita ke dalam digital mampu menghadirkan tampilan yang lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektifitas mendongeng dengan metode digital dalam menanamkan nilai-nilai moral anak dan tinjauannya dalam Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan teknik sampel purposive. Dongeng yang disampaikan pada penelitian ini memiliki persamaan cerita dan bobot nilai moral yang sama, namun berbeda cara penyajiannya. Dongeng tersebut berjudul “Bangau Yang Bersyukur”. Pada responden kelompok A diberikan eksperimen berupa dongeng secara digital, sedangkan pada kelompok B diberikan dongeng secara lisan atau langsung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pemahaman unsur intrinsik cerita dongeng kelompok A memperoleh nilai skor yang lebih tinggi dibandingkan kelompok B. Kelompok A memperoleh nilai rata-rata jawaban benar 31,3 sedangkan kelompok B nilai rata-rata jawaban benar sebesar 25,2. Hasil penelitian dari pemahaman nilai moral yang terkandung dalam cerita, nilai rata-rata jawaban responden pada kelompok B lebih unggul 0,9% dibandingkan kelompok A. Hasil lainnya menunjukkan bahwa sebanyak 97% responden masih senang dan gemar dalam mendengarkan dongeng. Dalam pandangan Islam, nilai-nilai moral yang terkandung dalam dongeng sangat selaras dalam nilai-nilai agama Islam. Selain itu dongeng dapat menjadi salah satu sarana pembelajaran bagi para orang tua dan guru dalam memberikan penanaman nilai-nilai moral dalam kehidupan bagi putra-putri maupun siswa-siswi di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-242-IP
Uncontrolled Keywords: Dongeng, Dongeng Digital, Moral
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:38
Last Modified: 02 Feb 2022 07:18
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/8792

Actions (login required)

View Item View Item