Lestari, Suci (2017) KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL ORANG TUA MURID DI SEKOLAH DASAR NEGERI CEMPAKA BARU 05 PAGI JAKARTA PUSAT DALAM PEMANFAATAN INTERNET YANG SEHAT DAN AMAN DITINJAU MENURUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
1. COVER + JUDUL.pdf Download (29kB) |
|
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (195kB) |
|
Text
3. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (154kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (358kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (47kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
Text
15. BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
|
Text
195--LAMPIRAN 1502015026.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
Abstract
Literasi digital merupakan kemampuan seseorang dalam memanfaatkan teknologi termasuk internet secara efektif dan efisien. Di era digital ini, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mengontrol pemanfaaatan teknologi informasi agar digunakan oleh putra-putrinya sebagaimana mestinya. Pada kenyataannya masih banyak kalangan orang tua yang belum maksimal dalam memanfaatkan teknologi dikarenakan berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui kemampuan literasi digital orang tua murid di Sekolah Dasar Negeri Cempaka Baru 05 Pagi Jakarta Pusat dalam hal pemanfaatan internet yang sehat dan aman, 2) mengetahui bagaimana Islam meninjau tentang kemampuan literasi digital orang tua murid. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 81 responden. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) dimensi teknologi; masih ada beberapa responden yang belum memaksimalkan fungsi-fungsi dari perangkat teknologi yang menjadi kebutuhan sehari-harinya, 2) sedangkan dari segi dimensi kognitif; kemampuan responden dalam memanfaatkan internet untuk memudahkan kegiatan sehari-hari sudah cukup baik, 3) dan pada segi dimensi etika; responden telah mampu menjaga hal-hal yang bersifat pribadi di internet dan paham juga akan dampak negatif dari teknologi jika penggunaannya disalahgunakan oleh anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-195-IP |
Uncontrolled Keywords: | literasi digital, digital literacy, teknologi, internet |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:35 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 08:32 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/7855 |
Actions (login required)
View Item |