Search for collections on Universitas YARSI Repository

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA REMAJA TAWURAN DI SMA X CIJANTUNG, JAKARTA TIMUR DAN TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM

Akbar, Nanda Aditya (2013) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA REMAJA TAWURAN DI SMA X CIJANTUNG, JAKARTA TIMUR DAN TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
NANDA ADITYA AKBAR--COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
NANDA ADITYA AKBAR-- LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (41kB)
[img] Text
NANDA ADITYA AKBAR--LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (66kB)
[img] Text
NANDA ADITYA AKBAR--ABSTRAK.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan suatu hasil dari perbuatan belajar. Menurut ajaran Islam ilmu menempati kedudukan yang penting, pada ayat Al Quran banyak yang memandang individu yang berilmu berada pada posisi yang tinggi dan mulia. Untuk meraih prestasi belajar yang tinggi tidaklah mudah. Kenyataannya tidak jarang siswa memiliki prestasi belajar rendah yang dikarenakan berbagai faktor. Harga diri adalah salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Siswa dengan harga diri tinggi diidentikkan dengan prestasi belajar yang tinggi pula, sebaliknya siswa dengan harga diri yang rendah maka prestasi belajarnya akan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara harga diri dengan prestasi belajar yang dimiliki masing-masing siswa yang melakukan tawuran dan tinjauannya dari sudut pandang Islam, dengan memberi gambaran melalui penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang didapatkan dengan memberikan kuisioner skala harga diri dan melihat dokumentasi nilai rata-rata rapor subjek. Subjek penelitian adalah siswa SMA X Cijantung Jakarta Timur. Korelasi Spearman digunakan untuk menguji hipotesis, dengan hasil korelasi sebesar 1x= -0,040, dan signifikansi (P > 0,05), yang menunjukkan bahwa hipotesis ditolak, artinya tidak terdapat hubungan antara harga diri dengan prestasi belajar siswa. Dari hasil data penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa harga diri bukanlah faktor penentu hasil prestasi belajar siswa, karena pada kenyataanya banyak siswa dengan harga diri yang rendah tetapi memiliki prestasi belajar yang tinggi dan sebaliknya. Prestasi belajar pada kenyataannya juga dipengaruhi oleh faktor dari keadaan fisik, sarana, keluarga, dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-26-PSI
Uncontrolled Keywords: Harga Diri, Prestasi Belajar, Remaja Tawuran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:32
Last Modified: 14 Mar 2024 07:35
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6592

Actions (login required)

View Item View Item