Putra, Dimas Satria (2013) GAMBARAN KETERAMPILAN HUBUNGAN INTERPERSONAL PADA SISWA HOMESCHOOLING KOMUNITAS "X" TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAN TINJAUANNYA DALAM AGAMA ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
COVER DIMAS 1602009006.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN DIMAS 1602009006.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN DIMAS 1602009006.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK DIMAS 1602009006.pdf Download (159kB) | Preview |
|
Text
BAB 1--1602009006.pdf Download (205kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA--1602009006.pdf Download (228kB) |
||
Text
BAB 2--1602009006.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
Text
BAB 3--1602009006.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
Text
BAB 4--1602009006.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
||
Text
BAB 5--1602009006.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) |
||
Text
BAB 6--1602009006.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
Text
LAMPIRAN--1602009006.pdf Restricted to Registered users only Download (813kB) |
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan interpersonal yang dimiliki oleh remaja atau siswa yang mengikuti homeschooling komunitas dan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan tersebut dengan lingkungan sosial yang terbatas. Selain itu untuk mengetahui cara-cara yang dilakukan oleh siswa homeschooling dalam membangun hubungan tersebut. Keterampilan Interpersonal yang dikemukakan oleh Burhmester memiliki lima aspek, yaitu Kemampuan Berinisiatif, Kemampuan untuk Membuka Diri, Kemampuan Bersifat Asertif, Kemampuan memberi Dukungan Emosional dan Kemampuan Mengatasi Konflik atau Masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (observasi dan wawancara) dengan tiga partisipan penelitian yang terlibat. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan analisis intrakasus dan interkasus partisipan menunjukkan bahwa terdapat berbagai macam keterampilan hubungan interpersonal yang dimiliki oleh siswa-siswa homeschooling komunitas di mulai dari siswa yang aktif dalam interaksi sosial, siswa yang biasa saja dalam interaksi sosial, dan siswa berkebutuhan khusus yang mampu berinteraksi dengan lingkungan. Selain itu dalam tinjauan islam menyatakan bahwa anak-anak membutuhkan pendidikan melalui pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat serta sebagai pengembangan kemampuan sosial yang dimiliki siswa dalam menghadapi masalah-masalah yang ada di lingkungan. Dalam pendidikan bagi remaja, orang tua dan guru sekolah harus bekerjasama. Bagi anak remaja yang mempunyai kelemahan dalam berinteraksi atau berkomunikasi dengan lingkungannya, perlu mendapat perhatian dari orang tua dan guru dengan memberikan perhatian khusus dengan cara kelembutan dan kasih sayang. Sebagaimana dalam firman Allah dalam surat Ali Imran (3):159 "kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu”
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-33-PSI |
Uncontrolled Keywords: | Homeschooling Komunitas, Keterampilan Interpersonal, Remaja, Interaksi Sosial |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:32 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 15:36 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6590 |
Actions (login required)
View Item |