Dania, Dania (2018) Pengaruh Perceived Restorativeness dan Place Attachment Terhadap Environmental Attitude Pada Anak Sekolah Dasar Serta Tinjauannya Dalam Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
COVER.pdf Download (32kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (282kB) |
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (150kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (333kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
Abstract
Jumlah ruang terbuka hijau yang terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun, dapat menyebabkan kekhawatiran tersendiri bagi anak. Hal ini akan berdampak pada diri anak dimana mereka akan kehilangan dan memiliki lebih sedikit kesempatan untuk menghabiskan waktunya di ruang terbuka hijau. Terdapat beberapa manfaat ketika anak dapat menghabiskan waktunya di ruang terbuka hijau, salah satunya adalah anak akan memiliki sikap peduli terhadap lingkungan. Sikap peduli anak terhadap lingkungan akan dimiliki ketika dalam dirinya dapat merasakan efek restoratif dari suatu tempat yang kemudian anak akan membentuk ikatan positif dengan tempat tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perceived restorativeness dan place attachment terhadap environmental attitude pada anak. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa kelas 5 sekolah dasar dari SD Negeri Semper Timur 07 Pagi dan Al Jannah Islamic, Nature & Science School. Penelitian ini menggunakan alat ukur Perceived Restorativeness Components Scale For Children (PRCS-C II), Place Attachment Scale, dan Children’s Environmental Perceptions Scale (CEPS). Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai signifikansi 0,000 (p0,01) artinya, terdapat pengaruh yang signifikan dari perceived restorativeness dan place attachment terhadap environmental attitude pada anak sekolah dasar. Hasil lain dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan perceived restorativeness dan environmental attitude pada anak berdasarkan jenis sekolah dengan nilai signifikansi 0,008 dan 0,030 (p0,05). Dalam Islam telah dinyatakan pentingnya untuk memelihara seluruh nikmat yang dikaruniakan Allah SWT. Kekurangan dalam penelitian ini adalah peneliti tidak bisa mengawasi anak-anak pada saat mengisi kuesioner dan peneliti tidak menjelaskan secara spesifik lapangan sekolah seperti apa yang dimaksud oleh peneliti dalam alat ukur.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-236-PSI |
Uncontrolled Keywords: | Perceived Restorativeness, Place Attachment, Environmental Attitude, Anak |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:31 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 04:16 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6374 |
Actions (login required)
View Item |