Search for collections on Universitas YARSI Repository

HUBUNGAN FREKUENSI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA KARYAWAN GENERASI Y SERTA TINJAUANNYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Poetry, Dhevinda Maudhy Dwi (2018) HUBUNGAN FREKUENSI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA KARYAWAN GENERASI Y SERTA TINJAUANNYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (84kB)
[img] Text
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)

Abstract

Dalam lingkungan kerja, generasi Y menunjukkan beberapa karakteristik yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Generasi Y merupakan generasi yang memiliki kecakapan dalam penggunaan teknologi, termasuk dalam penggunaan media sosial. Dalam penggunaannya, generasi y menghabiskan waktunya sebanyak 19 jam per hari untuk mengakses media sosial. Namun, penggunaan media sosial yang telalu sering dapat mengakibatkan hilangnya kemampuan berinteraksi secara langsung. Generasi Y mengalami kesulitan dalam berkomunikasi serta kurang memiliki pendekatan yang kurang pantas ketika berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan frekuensi penggunaan media sosial dengan komunikasi interpersonal pada karyawan generasi Y. Sampel dalam penelitian ini adalah 131 karyawan generasi Y berusia 22-38 tahun yang bekerja di DKI Jakarta dan memiliki media sosial lebih dari satu. Penelitian ini menggunakan alat ukur The Media and Technology Usage and Attitude Scale (Rosen, 2013) dan Interpersonal Communication Inventory (Graham, 1998) yang telah diadaptasi. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa frekuensi penggunaan media sosial memiliki hubungan negatif yang signifikan dengan dimensi awareness of others pada komunikasi interpersonal. Namun, frekuensi penggunaan media sosial tidak memiliki hubungan dengan kedua dimensi yang lainnya pada komunikasi interpersonal, yaitu awareness of self & self disclosure dan coping with feelings & differences. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pembuatan pelatihan untuk karyawan yang memiliki komunikasi interpersonal yang rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-251-PSI
Uncontrolled Keywords: Frekuensi Penggunaan Media Sosial, Komunikasi Interpersonal, Karyawan, Generasi Y
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:31
Last Modified: 04 Jan 2022 06:54
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6359

Actions (login required)

View Item View Item