Pandani, Bella (2019) HUBUNGAN ANTARA BOREDOM DENGAN KECANDUAN MOBILE GAME PADA REMAJA SERTA TINJAUAN MENURUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
1. Cover.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pernyataan.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
||
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
||
|
Text
14. BAB IV.pdf Download (161kB) | Preview |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) |
||
Text
16. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
||
|
Text
18. Daftar Pustaka.pdf Download (242kB) | Preview |
Abstract
Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kecanduan mobile game memiliki hubungan signifikan dengan leisure boredom secara spesifik. Namun demikian, penelitian lain menemukan bahwa pada remaja mengalami kebosanan secara umum. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan yang signifikan antara boredom secara umum dengan kecanduan mobile game pada remaja, menggunakan teknik purposive sampling, kriteria sampel adalah remaja berusia 10-24 tahun, dan memiliki minimal 1 mobile game yang terinstall. Sampel penelitian adalah 100 remaja yang telah dikategorikan sebagai remaja kecanduan game dilihat dari jawaban mereka pada Game Addiction Scale (GAS). Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multidimensional State Boredom Scale (MSBS) dan Game Addiction Scale (GAS). Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa boredom memiliki korelasi yang cukup kuat dan signifikan dengan kecanduan mobile game (rs= 0.198, p<0.05). Apabila ditinjau dari sudut pandang Islam, kebosanan dan kecanduan pada remaja tidak memiliki hubungan karena keduanya berdampak negatif pada individu. Oleh karena itu, diharapkan bagi remaja untuk membatasi penggunan mobile game serta melakukan aktivitas lain yang lebih bermanfaat ketika mengalami kebosanan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-303-PSI |
Uncontrolled Keywords: | Mobile Game, Kecanduan, Kebosanan, Remaja |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:31 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 01:43 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6306 |
Actions (login required)
View Item |