Search for collections on Universitas YARSI Repository

Hubungan Regulasi Emosi Dengan Perilaku Mengemudi Mobil Berisiko Pada Remaja Di Jakarta Serta Tinjauannya Dalam Islam

Hasan, Darajat Ahmad (2019) Hubungan Regulasi Emosi Dengan Perilaku Mengemudi Mobil Berisiko Pada Remaja Di Jakarta Serta Tinjauannya Dalam Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 1. COVER .pdf] Text
1. COVER .pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 7. ABSTRAK.pdf] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 11. BAB I.pdf] Text
11. BAB I.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 12. BAB II.pdf] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[thumbnail of 13. BAB III.pdf] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of 14. BAB IV.pdf] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of 15. BAB V.pdf] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[thumbnail of 16. BAB VI.pdf] Text
16. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PERYANTAAN.pdf] Text
2. LEMBAR PERYANTAAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas masih menjadi permasalahan di kota-kota besar di Indonesia, salah satunya adalah di DKI Jakarta. Menurut Korlantas (2018) Kecelakaan lalu lintas yang paling tinggi adalah kecelakaan bermotor sebanyak 34,8 ribu sedangkan kecelakaan mobil sebanyak 7,3 ribu. Kecelakaan lalu lintas terjadi akibat faktor kelalaian manusia dalam berkendara (human error) dengan mendapatkan angka yang paling tinggi yaitu mencapai 80-90 %. Dapat dikatakan bahwa kecelakaan lalu lintas terjadi karena perilaku mengemudi berisiko. Faktor yang dapat mempengaruhi manusia saat mengemudi adalah faktor psikologis salah satunya adalah emosi (Nurdjanah & Puspitasari, 2017). Emosi yang sering muncul ketika berkendara adalah emosi marah, cemas, dan bahagia. Pengemudi harus mampu meregulasi emosi negatif yang dirasakannya agar tidak mengalami dampak negatif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan regulasi emosi dengan perilaku mengemudi mobil berisiko pada remaja di Jakarta. Responden dalam penelitian ini berjumlah 55 mahasiswa yang berusia 18-24 tahun dengan menggunakan instrumen simulator city car driving. Teknik pengambilan data dengan menggunakan accidental sampling. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah strategi regulasi emosi reappraisal berkorelasi dengan perilaku mengemudi berisiko khusunya pada mengemudi dengan kecepatan diatas rata-rata. Hasil penelitian dapat memberikan saran kepada para pengemudi, khususnya remaja pengemudi mobil di Jakarta untuk memahami bagaimana cara meregulasi emosi saat mengemudi. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas atau mengurangi risiko di jalan raya. Disamping itu, terdapat kesesuaiam hasil utama dengan pandangan Islam bahwa regulasi emosi berhubungan positif dengan perilaku mengemudi berisiko.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-318-PSI
Uncontrolled Keywords: Regulasi Emosi, Perilaku Mengemudi Berisiko, Remaja, city car driving simulator
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:31
Last Modified: 10 Mar 2022 07:45
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6291

Actions (login required)

View Item View Item