Burin, Maria Natalia K. (2011) USAHA MENINGKATKAN BUDAYA BACA SISWA DI SMPN 47 JAKARTA DAN TINJAUANNYA MENURUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
COVER - HALAMAN JUDUL.pdf Download (28kB) |
||
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN-MARIA.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN-MARIA.pdf Download (96kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (212kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
||
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
Abstract
Perpustakaan sekolah merupakan sarana pendidikan yang paling utama dalam proses belajar mengajar, serta pengembangan budaya baca bagi siswa-siswi. Tujuan penelitian: Mengetahui sejauh mana budaya baca siswa di SMPN 47 Jakarta; mengetahui upaya perpustakaan sekolah dalam pembinaan budaya baca siswa; mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi perpustakaan sekolah dalam pembinaan budaya baca; Mengetahui pandangan Islam terhadap budaya baca. Manfaat penelitian: Memberikan informasi kepada siswa bahwa dengan budaya baca yang tinggi dapat meningkatkan prestasi belajar. Metode penelitian: dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi: Populasi yang menjadi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 47 Jakarta. Jumlah siswa tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 250 orang. Sampel yang di ambil adalah 20% dari 250 yaitu 50 orang. Teknik pengumpulan data: dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian: menunjukan bahwa siswa SMPN 47 Jakarta memiliki budaya baca yang rendah karena faktor utamanya adalah kurangnya waktu untuk siswa berkunjung ke perpustakaan. Tinjauan Islam: Membaca dan menuntut ilmu adalah kewajiban setiap muslim. Untuk mencapai keberhasilan perpustakaan perlu memiliki pustakawan yang ahlinya dalam bidang perpustakaan sehingga dapat dikelola denga baik. Kesimpulan: Dengan kurangnya waktu membuat siswa jarang berkunjung ke perpustakaan, sedangkan jam istirahat siswa gunakan untuk makan siang dan bermain. Saran: Jam layanan perpustakaan perlu di perpanjang sebelum dan sesudah jam sekolah. Selain itu perlu adanya kerja sama antara guru dan pustakawan dalam pengembangan budaya baca siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-96-IP |
Uncontrolled Keywords: | Budaya Baca; Perpustakaan Sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:30 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 06:45 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/5876 |
Actions (login required)
View Item |