Search for collections on Universitas YARSI Repository

KORELASI PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU DAN FASILITAS TEKNOLOGI PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI SISWA SMP NEGERI 161 JAKARTA DAN TINJAUANNYA MENURUT ISLAM

Utari, Endah Sri (2012) KORELASI PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU DAN FASILITAS TEKNOLOGI PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI SISWA SMP NEGERI 161 JAKARTA DAN TINJAUANNYA MENURUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi .pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya Korelasi Pemanfaatan Koleksi Buku dan Fasilitas Teknologi Perpustakaan dengan Prestasi Siswa SMP Negeri 161 Jakarta dan Tinjauan Menurut Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yakni menguji teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antarvariabel. Pengumpulan data yang diperoleh penulis dalam penelitian ini menerapkan suatu metode, yakni metode observasi, angket, dan kepustakaan. Jumlah sampel penelitian ini 79 siswa dari 373 siswa dari kelas IX. Penelitan ini menggunakan rumus Karl Pearson dengan Product Moment, khususnya korelasi ganda. Penghitungan korelasi ganda melalui lima tahapan. Dalam penghitungan mencari nilai korelasi (r), digunakan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi judul buku sebanyak 3215 judul dengan jumlah siswa 1039 masih jauh kurang memenuhi standar. Hal itu berdasarkan rasio jumlah buku yang ada menurut IFLA, dan SNI. Sedangkan jika rasio yang digunakan hanya 3 buku per siswa, maka jumlah buku idealnya sebesar 3117 judul. Adanya koleksi buku yang tidak sesuai kebutuhan dan kemampuan siswa. Oleh karena itu, nilai korelasi yang diperoleh 0,71 menandakan bahwa korelasi tersebut kuat. Perlunya kerjasama dengan pihak lain guna meningkatkan jumlah koleksi buku di perpustakaan. Menurut sudut pandang Islam, selain kecerdasan otak, ada beberapa faktor intern yang mempengaruhi prestasi belajar siswa seperti motivasi, bakat, dan minat. Sebagai faktor eksternnya antara lain keadaan keluarga dan sekolah, serta lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-106-IP
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Sekolah, Korelasi Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan dengan Prestasi Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:30
Last Modified: 24 Mar 2022 07:43
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/5871

Actions (login required)

View Item View Item