Syamsuddin, Syamsuddin (2012) KUALITAS ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOGUE (OPAC) DAN TINJAUANNYA MENURUT ISLAM: STUDI KASUS PERPUSTAKAAN JAKARTA ISLAMIC CENTRE. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
COVER.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN-SYAMSUDDIN 1502008034.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN ORISINALITAS-SYAMSUDDIN 1502008034.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (951kB) |
Abstract
Penelitian ini bertemakan kualitas Online Public Access Catalogue (OPAC) pada Perpustakaan Jakarta Islamic Centre (Perpustakaan JIC). Penelitian ini berlatar belakang lemahnya pemanfaatan OPAC oleh pemustaka, kurangnya titik akses, belum terkoneksinya dengan jaringan internet, tidak adanya informasi status koleksi serta kurangnya mesin/komputer atau PC (personal computer) yang digunakan untuk OPAC. Aspek yang diteliti meliputi tampilan dan keterpakaian OPAC, sistem akses serta mesin (komputer) yang digunakan. Tujuannya adalah untuk mengetahui kualitas OPAC Perpustakaan JIC. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif. Yang menjadi populasi adalah pengunjung perpustkaan dengan sampel 100 responden. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada pemustaka, observasi lapangan, serta wawancara yang dilakukan kepada petugas serta pemustaka. Data diolah serta dianalisis dengan disertakan tabel. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya kelebihan dan kekurangan pada kualitas layanan katalog online (OPAC) tersebut. Kelemahan yang terlihat meliputi: 1) Aspek keberadaan dan tampilan OPAC yaitu rendahnya frekuensi pemanfaatan OPAC. 2) Aspek akses meliputi gangguan akses, kurangnya titik akses seperti titik akses subjek, tidak adanya informasi status koleksi, serta belum terkoneksinya OPAC dengan jaringan internet, dan 3) Aspek mesin (personal computer) yaitu kurang memadainya jumlah komputer OPAC. Tinjauan Islam tentang kualitas OPAC, bahwa kualitas layanan OPAC telah berjalan dengan bagus, namun terdapat kekurangan dalam sistem pencarian yang belum sempurna searah dengan perkembangan teknologi. Oleh sebab itu perlu dilakukan penyempurnaan serta didukung oleh pustakawan yang profesional. Jika tidak dilakukan perbaikan maka Perpustakaan JIC tidak akan berkembang, sebagaimana firman Allah yang artinya: “Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”(QS. Ar-Ra’d (13): 11). Upaya peningkatan ke depan adalah: 1) perlunya sosialisasi tentang manfaat OPAC, 2) penambahan titik akses, 3) adanya informasi status koleksi, 4) terkoneksinya OPAC dengan jaringan internet (web site JIC), 5) penambahan jumlah komputer OPAC. Islam menganjurkan untuk selalu meningkatkan kualitas OPAC yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi, sehingga akan memberikan kemudahan bagi pemustaka dalam mengakses informasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-109-IP |
Uncontrolled Keywords: | katalog online, kualitas, OPAC (Online Public Access Catalogue), Perpustakaan Jakarta Islamic Centre |
Subjects: | L Education > L Education (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:30 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 08:16 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/5865 |
Actions (login required)
View Item |