Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERPUSTAKAAN SMA NEGERI DI DKI JAKARTA DITINJAU DARI STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN SEKOLAH: STUDI KASUS DAN DILIHAT DARI SUDUT PANDANG ISLAM

Sanjaya, Riko (2014) PERPUSTAKAAN SMA NEGERI DI DKI JAKARTA DITINJAU DARI STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN SEKOLAH: STUDI KASUS DAN DILIHAT DARI SUDUT PANDANG ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
COVER 1502012014.pdf

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK 1502012014.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB 1-1502012014.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1502012014.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB 2-1502012014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB 3-1502012014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB 4-1502012014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
BAB 5-1502012014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1502012014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perwujudan sebuah citra sekolah yang baik dengan keberadaan sebuah perpustakaan yang memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP) merupakan suatu usaha yang memerlukan kerja sama antara beberapa pihak yang berkepentingan. Penilaian baik tidaknya sebuah perpustakaan sekolah, idealnya dilakukan oleh lembaga mandiri yang berwenang. Objek yang menjadikan penelitian ini adalah 10 perpustakaan SMAN di DKI Jakarta, berdasarkan Data Statistik PPDB SMA Jalur Reguler Provinsi DKI Jakarta, berjumlah 115 sekolah Menengah Atas di Jakarta. Populasi pada penelitian ini adalah SMA Negeri di DKI Jakarta terbaik dan perpustakaan pendamping, perpustakaan sekolah di DKI Jakarta diambil 2 perpustakaan sekolah yang mewakili masing-masing wilayah DKI Jakarta yang ditinjau dari SNP (2011). Penelitian ini tidak membahas tentang anggaran perpustakaan sekolah dikarenakan anggaran merupakan suatu hal yang sifatnya tertutup untuk di publikasikan. Tujuan penelitian: 1. mengetahui perpustakaan sekolah SMA Negeri DKI Jakarta mana saja telah memenuhi standar nasional perpustakaan Sekolah Menengah Atas/Madrasah sesuai dengan pedoman Standar Nasional Perpustakaan (SNP), 2. mengetahui apakah, koleksi, layanan, integrasi dengan kurikulum, sarana dan prasarana, dan tenaga perpustakaan sekolah: SMAN 1, SMAN 30, SMAN 65, SMAN 57, SMAN 80, SMAN 41, SMAN 31, SMAN 50, SMAN 29, SMAN 70, telah memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP). Metode penelitian deskriptif yang diperoleh melalui survei. Disamping metode deskriptif, dikumpulkan data kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada responden di-10 perpustakaan SMAN di DKI Jakarta. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan data primer melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek: organisasi, koleksi, layanan, integrasi dengan kurikulum, sarana dan prasarana, dan tenaga perpustakaan sekolah, belum memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (2011). Dilihat Dari Sudut Pandang Islam, bahwa 10 perpustakaan SMAN di DKI Jakarta telah mengikuti peraturan SNP, tetapi masih terdapat kekurangan yang berbeda setiap perpustakaan, oleh sebab itu perlu dilakukan pengembangan ke arah kesempurnaan sesuai dengan aturan SNP. Sebagaimana Firman dalam surat Ar -Ra’d [13]: 11:“Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-133-IP
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Sekolah -- DKI Jakarta, Sekolah Menengah Atas.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:30
Last Modified: 16 Jul 2024 14:23
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/5830

Actions (login required)

View Item View Item