Febrisa, Resty (2015) PEMANFAATAN MOBILE DEVICE UNTUK MENGAKSES BAHAN AJAR DI PERPUSTAKAAN PKBM IBNU SINA DAN TINJAUANNYA MENURUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
COVER-1502011007.pdf Download (132kB) |
|
Text
ABSTRAK-1502011007.pdf Download (323kB) |
|
Text
BAB 1-1502011007.pdf Download (478kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-1502011007.pdf Download (331kB) |
|
Text
BAB 2-1502011007.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
Text
BAB 3-1502011007.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
|
Text
BAB 4-1502011007.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) |
|
Text
BAB 5-1502011007.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
|
Text
LAMPIRAN-1502011007.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
Abstract
Teknologi merupakan bidang informasi yang berkembang cukup pesat. Perkembangan teknologi sendiri memberikan nilai positif disetiap bidang tidak terkecuali bidang pendidikan. Dengan memanfaatkan penggunaan mobile device, sangat membantu bagi pengguna untuk saling sharing berbagai informasi. Tujuan dari penelitian ini: (1) untuk mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan ketika siswa/siswi memanfaatkan mobile device di perpustakaan dan sejauh mana pengetahuan mereka tentang pemanfaatan “mobile device”; (2) untuk mengetahui situs-situs yang diakses ketika mencari bahan ajar; (3) untuk mengetahui tinjauan Islam tentang pemanfaatan mobile device mengakses bahan ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Sejumlah 78 (75%) kuesioner telah dikembalikan dari 80 lembar yang disebar terhadap 104 populasi siswa yang ada. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan mobile device untuk mengakses bahan ajar oleh pemustaka sudah terlihat ideal dan tidak ideal yaitu; [1] mencatat bahan pelajaran ideal (93.6%) dan tidak ideal (6.4%); [2] menghafal bahan ajar ideal (89.7%) dan tidak ideal (10.3%); [3] mendengarkan,melihat,merekam bahan ajar tidak ideal (83.7%); [4] mobile device tidak ideal (75.3%); [5] menggunakan mobile device milik sekolah tidak ideal (42.3%); [6] Bahan Ajar UN ideal (80.6%); [7] situs weblog untuk bahan ajar ideal (84.7) ; [8] mengakses situs twitter, linkedin, facebook ideal (70.5%). Menurut tinjauan Islam terhadap pemanfaatan mobile device mengakses bahan ajar bahwa perangkat ini memberi kemudahan mengakses bahan ajar. Dan diperlukan motivasi kepaa siswa untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagaimana firman Allah SWT: “Telah kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu; Maka hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah).” (Q.S.Al. Anbiyaa (21):80).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-152-IP |
Uncontrolled Keywords: | pemanfaatan mobile device, perpustakaan sekolah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:30 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 08:19 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/5813 |
Actions (login required)
View Item |