Sari, Arieni Delia (2016) ANALISIS KEBUTUHAN PERANCANGAN PEMBELAJARAN LITERASI INFORMASI ONLINE DI PERPUSTAKAAN MAN INSAN CENDEKIA SERPONG DAN TINJAUANNYA MENURUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
COVER--1502014003.pdf Download (14kB) |
|
Text
ABSTRAK--1502014003.pdf Download (19kB) |
|
Text
BAB 1--1502014003.pdf Download (655kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA--1502014003.pdf Download (23kB) |
|
Text
BAB 2--1502014003.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3--1502014003.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4--1502014003.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5--1502014003.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
|
Text
BAB 6--1502014003.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN--1502014003.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Literasi informasi adalah salah satu hak asasi manusia dalam pembelajaran sepanjang hayat. Dalam bidang pendidikan, diperlukan suatu program pembelajaran literasi informasi online yang dapat diakses tanpa batas ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan masukan terhadap kebutuhan perancangan pembelajaran literasi informasi online yang dibutuhkan MAN Insan Cendekia Serpong. Jumlah sampel 54 siswa. Instrumen menggunakan observasi, kuesioner, dan wawancara. Analisis data diolah secara kuantitatif deskriptif mengacu pada Information Literacy Competency Standard for Higher Education dari Association of College & Research Libraries (ACRL), dipadukan dengan Manifesto Perpustakaan Sekolah dari IFLA/UNESCO. Hasil penelitian menunjukkan enam materi teratas yang dipilih siswa sebagai materi literasi informasi yaitu 1) teknik penggunaan katalog online, 2) teknik�teknik dalam penelusuran informasi, 3) teknik penggunaan indeks, bahan rujukan dan bibliografi, 4) orientasi tentang perpustakaan meliputi jenis koleksi dan tata letaknya, 5) teknik pencatatan, 6) cara penggunaan sumber bahan pustaka yang sesuai dengan kebutuhan. Rekomendasi penelitian kepada pihak sekolah untuk mewujudkan tercapainya program literasi informasi perlu kerjasama antara guru dan Pustakawan yang difasilitasi oleh Kepala Madrasah. Ditinjau dari Agama Islam keterampilan literasi informasi harus dimiliki oleh setiap muslim untuk memeriksa kembali informasi yang datang (tabayyun) sesuai firman Allah di surat Al-Hujurat ayat 6 dan menuntut ilmu (Hadits riwayat Ibnu Majah).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-169-IP |
Uncontrolled Keywords: | literasi informasi, MAN Insan Cendekia, perpustakaan sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:29 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 14:51 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/5796 |
Actions (login required)
View Item |