Search for collections on Universitas YARSI Repository

Peran Edukomik Terhadap Peningkatan Keterampilan Tata Cara Berwudhu pada Pelajar SDIT Al Muddatsiriyah dan Tinjauannya Menurut Islam

Jalinur, Jalinur (2017) Peran Edukomik Terhadap Peningkatan Keterampilan Tata Cara Berwudhu pada Pelajar SDIT Al Muddatsiriyah dan Tinjauannya Menurut Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text
COVER-.pdf

Download (109kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN-JALINUR.pdf

Download (98kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN-JALINUR.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB 6-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-.pdf

Download (222kB)

Abstract

Edukomik (komik pendidikan) adalah salah satu media penyampaian informasi pada anak usia dini agar lebih mudah memahami informasi apa yang akan disampaikan melalaui cerita untuk meningkatkan keterampilan. Literasi informasi agama merupakan seseorang yang melek tentang informasi keagamaan dan mampu menganalisis informasi yang diperoleh dan menghubungkan informasi agama dengan kehidupan sosial, budaya dan politik. Keterampilan merupakan kemampuan untuk merespon bentuk-bentuk gerakan tertentu yang diajarkan dalam melakukan kegiatan tertentu, dalam hal ini terampil dalam melaksanakan praktik berwudhu yang benar. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh literasi informasi agama melalui media edukomik terhadap peningkatan keterampilan tata cara berwudhu. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posstest. Jumlah sampel sebanyak 42 responden diambil secara accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara semi terstuktur. Berdasarkan uji t-Test terdapat pengaruh/perbedaan yaitu 0,000<0,05 maka H0 di tolak. Artinya bahwa pemberian media edumomik mampu meningkatkan keterampilan anak terhadap tata cara berwudhu. Di dalam pandangan Islam dibolehkan bahkan sangat menganjurkan umatnya untuk melek informasi dengan mewajibkan setiap muslim laki-laki dan perempuan menuntut ilmu untuk meningkatkan keterampilan terutama dalam tata cara berwudhu. Saran untuk sekolah, dan penerbit perlu ntuk menambahkan poster-poster bergambar pada setiap tempat berwudhu, agar siswa-siswi dapat melihat dan mempraktikkan sendiri tata cara berwudhu yang benar, dan penerbit perlu menemukan inovasi peraga/media buku untuk menunjang pendidikan, dalam rangka menumbuhkan minat baca yang tinggi untuk anak usia dini, dan mendesain buku-buku pelajaran lebih menarik lagi untuk dibaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-192-IP
Uncontrolled Keywords: Edukomik, Literasi Informasi, Keterampilan, Tata Cara Berwudhu
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:29
Last Modified: 22 Mar 2022 07:24
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/5773

Actions (login required)

View Item View Item