Jalinur, Jalinur (2017) PERAN EDUKOMIK TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN TATA CARA BERWUDHU PADA PELAJAR SDIT AL MUDDATSIRIYAH DAN TINJAUANNYA MENURUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
COVER 1502015024--S-192-IP.pdf Download (100kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN 1502015024--S-192-IP.pdf Download (122kB) |
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS 1502015024--S-192-IP.pdf Download (88kB) |
|
Text
Abstrak1502015024--S-192-IP.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (230kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA 1502015024--S-192-IP.pdf Download (251kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (704kB) |
|
Text
BAB 6 1502015024--S-192-IP.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
Text
Lampiran 1502015024--S-192-IP.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Edukomik (komik pendidikan) adalah salah satu media penyampaian informasi pada anak usia dini agar lebih mudah memahami informasi apa yang akan disampaikan melalaui cerita untuk meningkatkan keterampilan. Literasi informasi agama merupakan seseorang yang melek tentang informasi keagamaan dan mampu menganalisis informasi yang diperoleh dan menghubungkan informasi agama dengan kehidupan sosial, budaya dan politik. Keterampilan merupakan kemampuan untuk merespon bentuk-bentuk gerakan tertentu yang diajarkan dalam melakukan kegiatan tertentu, dalam hal ini terampil dalam melaksanakan praktik berwudhu yang benar. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh literasi informasi agama melalui media edukomik terhadap peningkatan keterampilan tata cara berwudhu. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posstest. Jumlah sampel sebanyak 42 responden diambil secara accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara semi terstuktur. Berdasarkan uji t-Test terdapat pengaruh/perbedaan yaitu 0,000<0,05 maka H0 di tolak. Artinya bahwa pemberian media edumomik mampu meningkatkan keterampilan anak terhadap tata cara berwudhu. Di dalam pandangan Islam dibolehkan bahkan sangat menganjurkan umatnya untuk melek informasi dengan mewajibkan setiap muslim laki-laki dan perempuan menuntut ilmu untuk meningkatkan keterampilan terutama dalam tata cara berwudhu. Saran untuk sekolah, dan penerbit perlu ntuk menambahkan poster-poster bergambar pada setiap tempat berwudhu, agar siswa-siswi dapat melihat dan mempraktikkan sendiri tata cara berwudhu yang benar, dan penerbit perlu menemukan inovasi peraga/media buku untuk menunjang pendidikan, dalam rangka menumbuhkan minat baca yang tinggi untuk anak usia dini, dan mendesain buku-buku pelajaran lebih menarik lagi untuk dibaca.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-192-IP |
Uncontrolled Keywords: | Edukomik, Literasi Informasi, Keterampilan, Tata Cara Berwudhu |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:29 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 13:55 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/5773 |
Actions (login required)
View Item |