Search for collections on Universitas YARSI Repository

Analisis Peranan Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca dan Menulis Siswa SMA Perguruan Rakyat 2 dan Tinjauannya Menurut Islam

Yusera, Elsita (2018) Analisis Peranan Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca dan Menulis Siswa SMA Perguruan Rakyat 2 dan Tinjauannya Menurut Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah merupakan suatu program pemerintah yang bertujuan untuk menumbuhkan minat baca dilingkungan sekolah bagi peserta didik, guru maupun staff sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Gerakan Literasi Sekolah dalam meningkatkan minat baca dan menulis siswa SMA Perguruan Rakyat 2 dan untuk mengetahui bagaimana Islam meninjau peranan Gerakan Literasi Sekolah dalam meningkatkan minat baca dan menulis siswa SMA Perguruan Rakyat 2. Metode yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampling menggunakan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan Observasi, Kuesioner, Wawancara dan Studi literatur. Hasil dari penelitian terlihat bahwa program Gerakan Literasi Sekolah berperan baik dalam meningkatkan minat baca dan menulis siswa. Hal ini terlihat dari hasil jawaban kuesioner siswa yang menyukai kegiatan membaca sebanyak 58,6%. Para siswa sudah mampu menggunakan waktu membaca dengan baik, memilih bacaan yang variatif serta mampu membaca satu buku dalam seminggu. Siswa tergerak tanpa paksaan orang lain, dapat dilihat dari alasan siswa membaca buku untuk menambah wawasan sebanyak 41,6%. Dalam menulis siswa memiliki ketertarikan sebanyak 71,4%. Siswa sudah mampu menuangkan ide atau gagasan secara tertulis sehingga mereka mampu menghasilkan tulisan tiga sampai lima tulisan dalam dua tahun sebanyak 44,3%. Hal ini diperkuat dengan hasil wawancara dengan guru yang menyatakan adanya peranan GLS terhadap peningkatan minat baca, keingintahuan yang semakin tinggi serta kemampuan dan kemauan dalam menulis semakin meningkat. Dalam ajaran Islam Gerakan Literasi Sekolah tertuang dalam perintah membaca dan menulis yang terdapat dalam surah pertama yang diturunkan dalam Al- Qur’an. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al-‘Alaq (96) ayat 1 :“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Kata Kunci : Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca, Menulis

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-212-IP
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:29
Last Modified: 21 Jun 2021 05:48
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/5753

Actions (login required)

View Item View Item