Search for collections on Universitas YARSI Repository

Survei Penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Wilayah Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat dan Tinjauannya Menurut Islam

Andriyati, Rossita (2019) Survei Penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Wilayah Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat dan Tinjauannya Menurut Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (103kB)
[img] Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (354kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
14. BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

GLS merupakan sebuah upaya untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat. Salah satu kegiatan GLS adalah 15 menit membaca buku non-pelajaran sebelum waktu belajar dimulai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan GLS di SDN Wilayah Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian survei. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: pada Tahap Pembiasaan, sebagian besar (84,61%) atau 11 SDN sudah menerapkan 15 menit membaca buku sebelum pelajaran dimulai, namun hanya hampir setengahnya (23,07 %) atau 3 SDN yang sudah menerapkan 15 menit membaca buku sebelum pelajaran dimulai setiap hari. Pada Tahap Pengembangan hanya hampir setengahnya (30,76 %) atau 4 SDN yang sudah memiliki Tim Literasi Sekolah. Pada Tahap Pembelajaran, hanya sebagian kecil (7,69 %) atau hanya 1 SDN yang sudah memberikan penghargaan akademik yang mempertimbangkan kecakapan literasi peserta didik. Faktor pendukung GLS: Ketersediaan perpustakaan yang memadai, kebijakan kepala sekolah dalam mendukung GLS, Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, ketersediaan anggaran, dan dan adanya kerjasama dengan Perpustakaan Keliling. Sementara faktor penghambat GLS antara lain: kurangnya sosialisasi dari pemerintah, belum adanya penanggung jawab GLS di sekolah (Tim Literasi Sekolah), tidak ada kebijakan dari sekolah, tidak ada anggaran dana untuk program GLS, kurangnya kerjasama dari guru, kurangnya minat baca siswa. Saran yang disampaikan pihak SDN antara lain: diadakan workshop tentang GLS untuk guru, pelatihan untuk pengelola perpustakaan, bantuan buku untuk menunjnag kegiatan GLS, diadakan wisata baca ke luar sekolah, dan penambahan jadwal perpustakaan keliling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-218-IP
Uncontrolled Keywords: GLS, SDN, Cempaka Putih
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:29
Last Modified: 19 Nov 2021 03:52
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/5747

Actions (login required)

View Item View Item