Aditya, Muhammad Reza (2019) Aplikasi Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran Anatomi Jantung dengan Interaksi Single / Multi Player serta Tinjauannya Menurut Pandangan Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
1. COVER_1.pdf Download (41kB) |
||
Text
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (378kB) |
||
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
||
Text
13. BAB 1.pdf Download (208kB) |
||
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
||
Text
14. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
Text
15. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
||
Text
16. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
17. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
Text
18. KESIMPULAN & SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
||
|
Text
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (538kB) | Preview |
Abstract
Jantung adalah organ berongga dan memiliki empat ruang yang terletak antara kedua paru-paru. Pemahaman mendalam perlu dilakukan bagi pelajar dan pengajar dalam proses pembelajaran anatomi jantung agar metode pembelajaran dalam dunia pendidikan menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi Augmented Reality sebagai media pembelajaran anatomi jantung manusia, dengan menerapkan interaksi single/multiplayer dalam pembelajarannya. Aplikasi dibangun menggunakan perangkat lunak Unity 3D sebagai media pembelajaran untuk siswa dengan menggunakan Android. Objek jantung diperoleh dari hasil scan alat EinScan-SE terhadap alat peraga jantung. Objek 3D jantung ditampilkan pada layar smartphone menggunakan SDK ARFoundation. Aplikasi ini menampilkan objek 3D secara keseluruhan General Cardiac, Front Coronal dan Back Coronal. Fitur multiplayer pada aplikasi menggunakan Photon Unity Network (PUN), memungkinkan pengguna dapat berbagi interaksi terhadap objek 3D jantung yang ada pada aplikasi. Hasil pengujian menunjukan keunggulan aplikasi pada aspek manipulasi objek rotation 4.42 dan pembelajaran 4.28. Sebaliknya, aplikasi memiliki kelemahan pada kejelasan informasi dan pada saat pengguna melakukan scanning environment. Hasil dari pengujian meggunakan USEQ mendapatkan nilai persentasi 77.9% yang berarti aplikasi ini diterima dan layak untuk digunakan oleh pengguna. Pembangunan aplikasi Augmented Reality untuk pembelajaran anatomi jantung ini sesuai syariat Islam karena dapat sebagai media dalam pembelajaran khususnya ilmu kedokteran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-623-FTI |
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Jantung, Multiplayer, Syariat Islam |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:27 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 04:25 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/4832 |
Actions (login required)
View Item |