Farhana, Khadijah (2023) TINGKAT KONSENTRASI PADA PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GADGET PADA PELAJAR KELAS 12 DI SMAN 2 CIBINONG SERTA TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
01__COVER.PDF Download (220kB) |
|
|
Text
02__HALAMAN_PENGESAHAN.PDF Download (3MB) |
|
|
Text
03___SURAT_PERNYATAAN.PDF Download (3MB) |
|
|
Text
05__ABSTRAK_DAN_KATA_KUNCI.PDF Download (214kB) |
|
|
Text
08__BAB_I.PDF Download (488kB) |
|
|
Text
14__DAFTAR_PUSTAKA.PDF Download (438kB) |
|
|
Text
09__BAB_II.PDF Restricted to Registered users only Download (516kB) |
|
|
Text
10__BAB_III.PDF Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
|
Text
11__BAB_IV.PDF Restricted to Registered users only Download (654kB) |
|
|
Text
12__BAB_V.PDF Restricted to Registered users only Download (643kB) |
|
|
Text
13__BAB_VI.PDF Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
|
Text
17__LAMPIRAN.PDF Restricted to Registered users only Download (651kB) |
Abstract
Latar Belakang: Pendidikan saat ini semakin banyak mengadopsi teknologi sebagai sarana pembelajaran, terutama dalam bentuk pembelajaran daring yang menggunakan gadget sebagai alatnya. Namun penggunaan gadget dalam pembelajaran juga menimbulkan masalah baru, salah satunya adalah masalah konsentrasi. Konsentrasi merupakan faktor penting dalam pembelajaran karena dapat mempengaruhi kemampuan siswa untuk memahami dan mengingat materi yang dipelajari. Penggunaan gadget yang tidak bijak dalam pembelajaran dapat mengganggu konsentrasi siswa, sehingga mengurangi kualitas pembelajaran. Tujuan: Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai dampak penggunaan gadget dalam pembelajaran daring pada tingkat konsentrasi pelajar kelas 12. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan pandangan baru dari perspektif Islam dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari 200 responden pelajar kelas 12 di SMAN 2 Cibinong. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik penghitungan SPSS dengan rumus Slovin dengan batas toleransi kesalahan sebesar 0.5% Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat konsentrasi untuk pelajar kelas 12 di SMAN 2 Cibinong saat mengikuti pembelajaran daring dengan menggunakan gadget berada pada kategori tinggi. Selain itu, tinjauan dari perspektif Islam konsentrasi sangatlah penting serta untuk penggunaan gadget dalam pembelajaran tidak sepenuhnya berdampak buruk, namun harus digunakan dengan bijak dan memperhatikan etika Islam dalam penggunaannya.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | S-7630-FK |
| Uncontrolled Keywords: | Tingkat Konsentrasi, gadget, Perspektif Islam, Pembelajaran daring |
| Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) T Technology > T Technology (General) |
| Depositing User: | Mr. Administrator System Admin |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 07:33 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 07:33 |
| URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/14777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
