Search for collections on Universitas YARSI Repository

TINGKAT KONSENTRASI PADA PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GADGET PADA PELAJAR KELAS 12 DI SMAN 2 CIBINONG SERTA TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM

Farhana, Khadijah (2023) TINGKAT KONSENTRASI PADA PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GADGET PADA PELAJAR KELAS 12 DI SMAN 2 CIBINONG SERTA TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 01__COVER.PDF] Text
01__COVER.PDF

Download (220kB)
[thumbnail of 02__HALAMAN_PENGESAHAN.PDF] Text
02__HALAMAN_PENGESAHAN.PDF

Download (3MB)
[thumbnail of 03___SURAT_PERNYATAAN.PDF] Text
03___SURAT_PERNYATAAN.PDF

Download (3MB)
[thumbnail of 05__ABSTRAK_DAN_KATA_KUNCI.PDF] Text
05__ABSTRAK_DAN_KATA_KUNCI.PDF

Download (214kB)
[thumbnail of 08__BAB_I.PDF] Text
08__BAB_I.PDF

Download (488kB)
[thumbnail of 14__DAFTAR_PUSTAKA.PDF] Text
14__DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (438kB)
[thumbnail of 09__BAB_II.PDF] Text
09__BAB_II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[thumbnail of 10__BAB_III.PDF] Text
10__BAB_III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[thumbnail of 11__BAB_IV.PDF] Text
11__BAB_IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[thumbnail of 12__BAB_V.PDF] Text
12__BAB_V.PDF
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[thumbnail of 13__BAB_VI.PDF] Text
13__BAB_VI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of 17__LAMPIRAN.PDF] Text
17__LAMPIRAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (651kB)

Abstract

Latar Belakang: Pendidikan saat ini semakin banyak mengadopsi teknologi sebagai sarana pembelajaran, terutama dalam bentuk pembelajaran daring yang menggunakan gadget sebagai alatnya. Namun penggunaan gadget dalam pembelajaran juga menimbulkan masalah baru, salah satunya adalah masalah konsentrasi. Konsentrasi merupakan faktor penting dalam pembelajaran karena dapat mempengaruhi kemampuan siswa untuk memahami dan mengingat materi yang dipelajari. Penggunaan gadget yang tidak bijak dalam pembelajaran dapat mengganggu konsentrasi siswa, sehingga mengurangi kualitas pembelajaran. Tujuan: Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai dampak penggunaan gadget dalam pembelajaran daring pada tingkat konsentrasi pelajar kelas 12. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan pandangan baru dari perspektif Islam dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari 200 responden pelajar kelas 12 di SMAN 2 Cibinong. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik penghitungan SPSS dengan rumus Slovin dengan batas toleransi kesalahan sebesar 0.5% Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat konsentrasi untuk pelajar kelas 12 di SMAN 2 Cibinong saat mengikuti pembelajaran daring dengan menggunakan gadget berada pada kategori tinggi. Selain itu, tinjauan dari perspektif Islam konsentrasi sangatlah penting serta untuk penggunaan gadget dalam pembelajaran tidak sepenuhnya berdampak buruk, namun harus digunakan dengan bijak dan memperhatikan etika Islam dalam penggunaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-7630-FK
Uncontrolled Keywords: Tingkat Konsentrasi, gadget, Perspektif Islam, Pembelajaran daring
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Mr. Administrator System Admin
Date Deposited: 05 Nov 2025 07:33
Last Modified: 05 Nov 2025 07:33
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/14777

Actions (login required)

View Item View Item