Wirasendjaja, Iman Fathurrohman (2025) PENGARUH KINERJA PETUGAS PENDAFTARAN DAN SISTEM PENDAFTARAN ONLINE TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSAU dr. ESNAWAN ANTARIKSA HALIM PERDANAKUSUMA. Masters thesis, Universitas YARSI.
|
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (18kB) |
|
|
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (845kB) |
|
|
Text
5. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (214kB) |
|
|
Text
9. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (139kB) |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (208kB) |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
|
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
|
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Modal dasar seorang manusia dalam menjalani kehidupan salah satunya adalah kesehatan, dan fasilitas kesehatan menjadi sarana yang dapat memberikan pelayanan kesehatan yang dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat. Dari seluruh rangkaian pelayanan, pendaftaran merupakan tahap awal dari semuanya, baik melalui IGD atau rawat jalan. Pendaftaran dapat menjadi sebuah etalase rumah sakit, wajah rumah sakit secara sepintas, ‘first impression’ atau kesan pertama pasien terhadap rumah sakit. Sistem pendaftaran ini dapat dilakukan secara manual, namun di era sekarang sudah banyak ditinggalkan seiring dengan kemajuan teknologi. Pendaftaran online merupakan salah satu aplikasi dari kemajuan teknologi yang bertujuan memudahkan pasien dalam mendaftar. Rumah Sakit Angkatan Udara dr. Esnawan Antariksa adalah salah satu rumah sakit di jajaran TNI, di tahun 2022 melayani 150.746 pasien rawat jalan dan dan 2023 melayani 168.820 pasien. Namun pengguna pendaftaran online baru sebanyak 3,15 % dari 81.295 pasien di periode yang sama. Peneliti melakukan penelitian kuantitatif untuk mengetahui pengaruh Kinerja Petugas Pendaftaran dalam hal kualitas kerja, komunikasi, kemampuan, kecepatan dan inisiatif, juga sistem pendaftaran online dalam hal realibitas, fleksibilitas, integrasi, aksesibilitas dan respon time terhadap kepuasan pasien dalam hal keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti langsung. Peneliti melakukan survey pada 195 responden menggunakan kuesioner dengan skala Likert, serta dianalisis dengan SPSS untuk mencari korelasi dengan tingkat kepercayaan 0,05, serta mencari tingkat hubungan dengan melihat koefisien nya. Hasil penelitian menunjukkan dari 195 responden 65,6% diantaranya adalah Perempuan, dan kelompok usia terbanyak pada usia 40 – 60 thn sebesar 41%. Hasil analisis korelasi seluruh indikator memiliki angka signifikansi <0,05 yang berarti seluruh nya memiliki hubungan atau pengaruh antar variabel, dengan tingkat hubungan (koefisisen) yang kuat pada dimensi kecepatan (0,610), komunikasi (0,626), dan solusi (0,676) dari tingkat kinerja petugas pendaftaran terhadap dimensi empati pada kepuasan pasien. Dimensi lainnya yaitu ketelitian, disiplin, keramahan, kehandalan kemandirian dan daya tanggap memberi pengaruh sedang. Adapun pengaruh realibilitas, fleksibilitas, integrasi, aksesibilitas dan respon time dari sistem pendaftaran online memberikan pengaruh sedang terhadap kepuasan pasien (<0,6). Namun bila kinerja petugas pendaftaran dan sistem pendaftaran online secara simultan akan memberi pengaruh kuat terhadap kepuasan pasien.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | T-5-MARS |
| Uncontrolled Keywords: | Kinerja Petugas, Pendaftaran Online, Kepuasan Pasien, Servqual. |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine T Technology > T Technology (General) |
| Depositing User: | Mr. Administrator System Admin |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 03:07 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 03:07 |
| URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/14694 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
