Putri, Raden Roro Pratiwi Madya (2025) OPTIMALISASI RESPONSE TIME MELALUI EFISIENSI ALUR PELAYANAN OBSTETRI NEONATAL EMERGENSI KOMPREHENSIF DI RUMAH SAKIT YARSI. Masters thesis, Universitas YARSI.
|
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (255kB) |
|
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (725kB) |
|
|
Text
5. HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (69kB) |
|
|
Text
9. ABSTRAK.pdf Download (198kB) |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (345kB) |
|
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
|
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
|
|
Text
15. LMAPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang : Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih tinggi, yakni 189 per 100.000 kelahiran hidup, menempati peringkat kedua di ASEAN. Capaian ini masih jauh dari target Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 sebesar 70 per 100.000 kelahiran hidup. Salah satu penyebab utama tingginya AKI adalah keterlambatan penanganan di fasilitas kesehatan. RS YARSI, sebagai rumah sakit pendamping (hospital coach), memiliki peran strategis dalam menurunkan AKI melalui pelayanan PONEK (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif). Tujuan : Penelitian ini bertujuan menganalisis kondisi response time pelaksanaan alur pelayanan PONEK di RS YARSI saat ini, mengkaji pengaruh faktor penghambat dan pendukung terhadap efisiensi pelayanan dan response time, serta merumuskan strategi peningkatan efektivitas pelayanan emergensi. Metode : Menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi, data diperoleh melalui observasi lapangan, wawancara mendalam dengan tenaga medis dan manajemen RS, dan focus group discussion (FGD). Data dianalisis menggunakan metode SWOT, analisis tematik, dan content analysis. Hasil : Menunjukkan bahwa response time belum seluruhnya berjalan optimal karena ada beberapa alur pelayanan yang belum efisien, Disebabkan adanya kendala di aspek koordinasi, komunikasi antarunit, serta identifikasi kasus urgensi dan false emergency. Kesimpulan : Diperlukan perbaikan alur melalui penguatan SOP, pelatihan rutin, serta optimalisasi sistem informasi. RS YARSI dinilai layak sebagai hospital coach dengan catatan perlunya peningkatan efisiensi pelayanan untuk mendukung pencapaian target response time dan SDGs 2030.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | T-3-MARS |
| Uncontrolled Keywords: | Optimalisasi response time, Efisiensi Alur Pelayanan, PONEK. |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
| Depositing User: | Mr. Administrator System Admin |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 02:50 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 02:50 |
| URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/14692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
