Search for collections on Universitas YARSI Repository

ANALISIS PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT YARSI JAKARTA

Sandi, Noviana Faradilla (2025) ANALISIS PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT YARSI JAKARTA. Masters thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 01. COVER.pdf] Text
01. COVER.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 05. HALAMAN PERNYATAAN.pdf] Text
05. HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 13. ABSTRAK.pdf] Text
13. ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 14. BAB I.pdf] Text
14. BAB I.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 19. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 15. BAB II.pdf] Text
15. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of 16. BAB III.pdf] Text
16. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of 17. BAB IV.pdf] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of 18. BAB V.pdf] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[thumbnail of 20. LAMPIRAN.pdf] Text
20. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tingginya tuntutan mutu pelayanan kesehatan menuntut rumah sakit untuk mengelola sumber daya manusia secara optimal, termasuk perawat sebagai ujung tombak pelayanan. Kepuasan kerja perawat merupakan faktor krusial dalam menjamin mutu layanan rumah sakit. Komunikasi organisasi yang efektif dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) diyakini berkontribusi terhadap meningkatnya kepuasan kerja perawat yang akan berdampak pada efektivitas dan efisiensi pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa gambaran komunikasi organisasi, OCB dan kepuasan kerja serta menganalisis pengaruh komunikasi organisasi dan OCB terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan pada perawat rawat inap RS YARSI Jakarta dengan menggunakan pendekatan mixed-method strategi eksplanatoris sekuensial. Data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner yang berpacu pada Organizational Communication scale (OCS), Organizational Citizenship Behavior Scale (OCBS) dan Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ). Kuesioner dibagikan kepada 63 perawat rawat inap menggunakan teknik total sampling, kemudian dianalisis menggunakan chai square sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara mendalam. Variabel komunikasi organisasi diukur berdasarkan accuracy, mobility, desire for interaction, directionality, overload, OCB (altruism, courtesy, conscientiousness, sportsmanship, civic virtue), dan kepuasan kerja diukur berdasarkan Working Condition, Achievement, Social service, Co – worker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran nilai komunikasi organisasi buruk, tingkat perilaku OCB masih rendah dan nilai kepuasan kerja juga masih belum puas. Selain itu didapatkan hasil bahwa komunikasi organisasi dan OCB berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja perawat sehingga diperlukan startegi yang dapat meningkatkan komunikasi organisasi dan OCB para perawat untuk mendapatkan kepuasan kerja dan mutu layanan keperawatan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: T-1-MARS
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja , Komunikasi Organisasi, Organizational Citizenship Behavior, Perawat, Rumah Sakit
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Noviana Sandi
Date Deposited: 09 Oct 2025 02:33
Last Modified: 09 Oct 2025 02:33
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/14541

Actions (login required)

View Item View Item