Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERAN KOMUNITAS FORUM BUKU BERJALAN INDONESIA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI WILAYAH DKI JAKARTA DAN TINJAUANNYA DALAM ISLAM

Sadino, Syahrani Rachmawati (2024) PERAN KOMUNITAS FORUM BUKU BERJALAN INDONESIA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI WILAYAH DKI JAKARTA DAN TINJAUANNYA DALAM ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 01. COVER.pdf] Text
01. COVER.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 04. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
04. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 03. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf] Text
03. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 02. ABSTRAK.pdf] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 08. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
08. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 09. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
09. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[thumbnail of 10. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf] Text
10. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of 11. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf] Text
11. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. BAB V TINJAUAN ISLAM TENTANG PERAN KOMUNITAS BUKU BERJALAN.pdf] Text
12. BAB V TINJAUAN ISLAM TENTANG PERAN KOMUNITAS BUKU BERJALAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[thumbnail of 13. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf] Text
13. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Seseorang dapat memperoleh pengetahuan baru, memperdalam pemahaman terhadap suatu topik, serta meningkatkan kemampuan analisis dan refleksi diri melalui kegiatan membaca. Data dari UNESCO menunjukkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia sangat mengkhawatirkan, dengan hanya 0,001% dari populasi yang aktif membaca. DKI Jakarta menduduki posisi ke-empat dari seluruh provinsi di Indonesia pada 2023 dengan skor tingkat kegemaran membaca (TGM) 69,94 poin. Walaupun indeks minat baca di wilayah DKI Jakarta termasuk cukup tinggi yaitu menduduki peringkat 4, akan tetapi masalah minat baca di DKI Jakarta masih menjadi tantangan besar. Dengan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk lebih terlibat dalam aktivitas literasi, Komunitas Buku Berjalan Indonesia membuka pintu bagi pertumbuhan minat baca yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana peran yang komunitas Buku Berjalan berikan untuk mendorong minat baca masyarakat di wilayah DKI Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan participant observation dan dokumentasi, serta wawancara yang dilakukan dengan cara terstruktur. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, yang termasuk dalam kategori nonprobability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai program dan kegiatan yang diadakan oleh Forum Buku Berjalan Indonesia secara signifikan berkontribusi pada peningkatan minat baca. Program-program seperti Ulas Buku, Temu Buku, Tukar Buku, Kelas Buku dan Bicara Buku berhasil berperan dalam peningkatkan aktivitas membaca mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-405-IP
Uncontrolled Keywords: Minat baca, Komunitas, Forum Buku Berjalan, Literasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Depositing User: Mr. Administrator System Admin
Date Deposited: 21 May 2025 06:53
Last Modified: 21 May 2025 06:53
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/14489

Actions (login required)

View Item View Item