Pratama, Angga Aditya Putra and Abimanyu, Rizal and Ananta, Tara Thania (2024) PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PLATFORM BERBASIS WEB. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
1. COVER.pdf Download (45kB) |
|
|
Text
4. Halaman Pengesahan.pdf Download (280kB) |
|
|
Text
3. Lembar Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (237kB) |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (108kB) |
|
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (513kB) |
|
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (171kB) |
|
|
Text
10. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
11. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (7kB) |
|
|
Text
15. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
Indonesia, sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar, memiliki hubungan erat dengan Bahasa Arab karena bahasa ini adalah Bahasa Al-Qur’an. Namun, saat ini minat masyarakat Indonesia untuk belajar membaca Al-Qur’an semakin menurun, yang dapat mempengaruhi pemahaman mereka terhadap agama dan pedoman hidup. Penelitian yang diberi nama Qolami Web merupakan solusi aplikasi berbasis web yang memiliki fitur pembelajaran huruf hijaiyah sebagai dasar dari membaca Al-Qur'an. Pembelajaran huruf hijaiyah tersebut disajikan dalam bentuk teks, gambar, video, dan audio. Selain itu, Qolami Web dilengkapi dengan fitur latihan dan ujian untuk menguji pemahaman dari pengguna. Latihan pada Qolami Web dapat dikerjakan oleh pengguna dalam waktu yang tidak terbatas, sedangkan ujian memiliki batas waktu yang ditentukan. Web Qolami dikembangkan menggunakan metodologi Agile, yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan penerapan. Pengujian aplikasi dilakukan sebanyak dua kali yaitu pengujian fungsional dengan menggunakan black box testing dan pengujian non-fungsional dengan menggunakan System Usability Scale (SUS). Black box testing mendapatkan skor 100%. Hasil pengujian dengan SUS yang telah dilakukan dengan 40 responden menunjukkan skor 84,63 yang termasuk tingkatan acceptable dengan grade B dan kualitas excellent. Umpan balik dari pengguna sebagian besar positif, meskipun ada beberapa saran untuk memperluas materi pembelajaran dan menambahkan fitur interaktif seperti kuis dan permainan. Pengembangan selanjutnya diharapkan dapat fokus pada memperluas materi pelajaran, meningkatkan fitur interaktif, dan menyediakan lebih banyak sumber belajar
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | LPA-36-TI |
| Uncontrolled Keywords: | web, metodologi Agile, pembelajaran huruf hijaiyah |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
| Depositing User: | Tara Ananta |
| Date Deposited: | 27 May 2025 03:30 |
| Last Modified: | 27 May 2025 03:30 |
| URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/14388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
