Search for collections on Universitas YARSI Repository

PENGEMBANGAN FITUR PELAJARAN DAN LATIHAN PADA APLIKASI QOLAMI BERBASIS ANDROID

Santoso, Agivqy Nadif and Prayogo, Heru and Anzhari, Muhammad Farhan Al (2024) PENGEMBANGAN FITUR PELAJARAN DAN LATIHAN PADA APLIKASI QOLAMI BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 12. BAB I.pdf] Text
12. BAB I.pdf

Download (507kB)
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 13. BAB II.pdf] Text
13. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 13. BAB II.pdf] Text
13. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 14. BAB III.pdf] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of 15 BAB IV.pdf] Text
15 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 16. BAB V.pdf] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of 18. LAMPIRAN-1.pdf] Text
18. LAMPIRAN-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of 19. LAMPIRAN-2.pdf] Text
19. LAMPIRAN-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[thumbnail of 20. LAMPIRAN-3.pdf] Text
20. LAMPIRAN-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of 21. LAMPIRAN-4.pdf] Text
21. LAMPIRAN-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of 22. LAMPIRAN-5.pdf] Text
22. LAMPIRAN-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of 23. LAMPIRAN-6.pdf] Text
23. LAMPIRAN-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[thumbnail of 24. LAMPIRAN-7.pdf] Text
24. LAMPIRAN-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of 25. LAMPIRAN-8.pdf] Text
25. LAMPIRAN-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[thumbnail of 26. LAMPIRAN-9.pdf] Text
26. LAMPIRAN-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab adalah aspek penting dalam tradisi Islam, namun masih menghadapi tantangan dalam penyebaran dan pemahaman yang merata. Aplikasi Qolami hadir sebagai solusi untuk menggabungkan pembelajaran bahasa Arab dengan teknologi digital. Penelitian ini mengevaluasi dampak aplikasi Qolami terhadap pemahaman bahasa Arab sejalan dengan prinsip-prinsip Islam dan Sustainable Development Goals (SDG), khususnya SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) dan SDG 9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur). Aplikasi berbasis Android ini telah dilengkapi dengan fitur pembelajaran bahasa Arab mulai dari huruf, kata, sampai dengan rangkaian, serta terdapat menu latihan untuk berlatih sampai sejauh mana pembelajaran yang didapat. Fokus pengembangan saat ini terletak pada layout aplikasi, fitur pembelajaran mulai dari bagian pembelajaran huruf yang berisikan pembelajaran 1 huruf Hijaiyah, pembelajaran 2 huruf berharakat fathah, pembelajaran 3 huruf berharakat kasrah, pembelajaran 4 huruf berharakat dhammah, dan fitur latihan 1 sampai 4. Pengembangan menggunakan metodologi Scrum dengan tahapan product backlog, sprint planning, sprint, daily scrum, dan sprint review. Aplikasi ini menggunakan teknologi Express.js sebagai Application Programming Interface (API) dan Kotlin sebagai bahasa pemrograman mobile. Aplikasi ini juga menggunakan berbagai library seperti Material Design, JUnit, Glide, OkHttp3, Retrofit, dan View Model. Metode pengujian Qolami menggunakan metode black box dengan teknik state transition testing untuk menguji fungsionalitas, yang dipilih karena fokus pada perubahan status sistem dan transisi tanpa memperhatikan detail internal kode. Untuk pengujian nonfungsional, tim menggunakan metode SUS untuk mengevaluasi kegunaan, keandalan, keamanan, dan kepuasan pengguna, yang menghasilkan skor rata-rata dari responden Muslim yaitu 86,29, dan dari responden nonmuslim yaitu 92,5, mengindikasikan tingkat kegunaan yang tinggi dan penerimaan positif dari pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: LPA-29-TI
Uncontrolled Keywords: Android, Application Programming Interface (API), Huruf Hijayah.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Muhammad Anzhari
Date Deposited: 06 Mar 2025 02:46
Last Modified: 06 Mar 2025 02:46
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/14125

Actions (login required)

View Item View Item