Karya, Arya Nugraha (2019) HUBUNGAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI DITINJAU DARI SUDUT PANDANG ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
1. COVER.pdf Download (98kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (154kB) |
|
Text
5. BSTRAK.pdf Download (256kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (179kB) |
|
Text
14. DAFAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) |
|
Text
13. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
Abstract
Latar Belakang: Lingkungan pembelajaran adalah lingkungan yang dialami atau dirasakan oleh mahasiswa maupun oleh pengajar. Terdapat beberapa elemen yang menjadi pembentuk lingkungan pembelajaran diantaranya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, evaluasi pembelajaran, sarana dan prasarana yang tersedia. lingkungan belajar yang kurang baik akan menyebabkan stres, tak terkecuali mahasiswa. Lingkungan pembelajaran di institusi pendidikan kedokteran, setiap mahasiswa kedokteran akan mengalami dan menjalani berbagai kegiatan pembelajaran yang bervariasisehingga tidak dapat terlepas dari faktor stres. Stressor atau penyebab stress pada mahasiswa dapat bersumber dari kehidupan akademiknya terutama dari tuntutan eksternal dan tuntutan dari harapannya sendiri. Hal tersebut akan berdampak baik secara kognitif dan emosional bagi mahasiswa dan tinjauannya dari sudut pandang islam. Tujuan: Mengetahui hubungan tingkat lingkungan pembelajaran dengan tingkat stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI. Metode Penelitian:Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Jenis data yang digunakan adalah data yang diperoleh secara langsung menggunakan kuesioner dengan skala likert. Data primer yang didapatkan merupakan hasil sampling dengan metode whole sampling. Untuk mengetahui hubungan lingkungan pembelajaran dengan tingkat stres digunakan uji analisis data chi square. Data diolah menggunakan IBM SPSS Statistics versi 23.0. Hasil:Berdasarkan uji statistik Korelasi Chi Square yang telah dilakukanmaka nilai p-value yakni sebesar 0,000 bernilai lebih kecil dari alpha (α =0,05), maka H0ditolak H1diterima. Artinyaterdapat hubungan yang bermakna antara lingkungan pembelajarandengan tingkat strespada mahasiswa kedokteran Universitas YARSI. Simpulan: Dapat disimpulkan bahwa lingkungan pembelajaran memilki hubungan yang signifikan dengan tingkat stres pada mahasiswa kedokteran Universitas YARSI. Cara mengatasi stres dari sudut pandang islam dengan tetap beristiqomah. Saran : Peneliti selanjutnya agar perlu meningkatkan jumlah responden, serta dapat menambahkan instrumen untuk mendeteksi stressor yang dialami mahasiswa kedokteran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-7209-FK |
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Pembelajaran, Tingkat Stres, Mahasiswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 06:47 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 06:47 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/14008 |
Actions (login required)
View Item |