Search for collections on Universitas YARSI Repository

ANALISIS KUALITAS LAYANAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL: STUDI KASUS PERPUSTAKAAN TAMAN LITERASI

Mutiara, Afini (2024) ANALISIS KUALITAS LAYANAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL: STUDI KASUS PERPUSTAKAAN TAMAN LITERASI. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 1_Cover.pdf] Text
1_Cover.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 6_Halaman Pengesahan.pdf] Text
6_Halaman Pengesahan.pdf

Download (633kB)
[thumbnail of 3_Halaman Pernyataan.pdf] Text
3_Halaman Pernyataan.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 2_Abstrak.pdf] Text
2_Abstrak.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of 12_BAB 1.pdf] Text
12_BAB 1.pdf

Download (734kB)
[thumbnail of 18_Daftar Pustaka.pdf] Text
18_Daftar Pustaka.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 13_BAB 2.pdf] Text
13_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[thumbnail of 14_BAB 3.pdf] Text
14_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[thumbnail of 15_BAB 4.pdf] Text
15_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[thumbnail of 16_BAB 5.pdf] Text
16_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[thumbnail of 17_BAB 6.pdf] Text
17_BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[thumbnail of 19_Lampiran.pdf] Text
19_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Servqual untuk mengukur kualitas layanan di Perpustakaan Taman Literasi. Latar belakang penelitian adalah Perpustakaan Taman Literasi tidak memiliki layanan peminjaman koleksi dan ketersediaan perangkat komputer atau digitalisasi layanan. Penelitian ini bertujuan; (1) menganalisis kualitas layanan di Perpustakaan Taman Literasi dengan mengukur setiap dimensi metode Servqual; (2) mengidentifikasi tinjauan Islam melalui kualitas layanan terhadap kepuasan pemustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pendekatan deskriptif, aspek yang diteliti meliputi kualitas layanan berdasarkan dimensi Servqual. Populasi pengguna adalah pengguna perpustakaan Taman Literasi dengan sampel 374 responden. Pengumpulan data melalui: observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian; 1) Kualitas layanan di Perpustakaan Taman Literasi, menunjukkan kesenjangan negatif antara harapan dan kenyataan. Dimensi Tangibles memiliki gap terbesar pada pernyataan pertama (-0,36096) dan pernyataan keempat memiliki gap terkecil (-0,04011), 2) Tinjauan Islam menunjukkan layanan di Perpustakaan Taman Literasi harus mencakup Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy sesuai standar syariah. Meski belum memenuhi harapan, penerapan nilai-nilai Islam seperti transparansi dan responsivitas dapat meningkatkan layanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-398-IP
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Metode Servqual, Perpustakaan Taman Literas
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Depositing User: Afini Mutiara
Date Deposited: 21 May 2025 04:03
Last Modified: 21 May 2025 04:03
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13859

Actions (login required)

View Item View Item