Search for collections on Universitas YARSI Repository

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN YARSI ANGKATAN 2015 TERHADAP TRANSPLANTASI KORNEA DITINJAU DARI KEDOKTERAN DAN ISLAM

Yasmine, Safirra (2018) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN YARSI ANGKATAN 2015 TERHADAP TRANSPLANTASI KORNEA DITINJAU DARI KEDOKTERAN DAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 01. COVER SKRIPSI.pdf] Text
01. COVER SKRIPSI.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 05. ABSTRAK.pdf] Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of 08. BAB I.pdf] Text
08. BAB I.pdf

Download (702kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of 09. BAB II.pdf] Text
09. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB)
[thumbnail of 13. BAB VI.pdf] Text
13. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)

Abstract

Latar Belakang: Perbedaan pendapat setuju dan pendapat yang tidak menyetujui dilakukannya transplantasi kornea di pengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya bagaimana individu memahami pengetahuan mengenai transplantasi kornea baik secara umum maupun pengetahuannya dalam Islam. Dalam Islam belum ada penegasan mengenai dibolehkan atau tidak dibolehkannya melakukan transplantasi kornea. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan tingkat pengetahuan dan sikap mahasiswa fakultas Kedokteran Universitas Yarsi angkatan tahun 2015 terhadap transplantasi kornea yang ditinjau dari kedokteran dan Islam. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode analitik. Teknik survei yang digunakan adalah kuesioner dan secara cross-sectional, dengan mengumpulkan data hanya satu kali dalam satu waktu yang bersamaan tanpa ada tindak lanjut. Populasi dan sampel penelitian ini adalah mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas YARSI angkatan tahun 2015 yang memenuhi kriteria inklusi, cara penetapan sampel berdasarkan penilaian peneliti secara acak atau purposive sampling, untuk ukuran besarnya menggunakan rumus dari Slovin dengan nilai kritis 5% dan memberikan hasil 150 sampel. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil: Dari hasil penelitian terdapat 55 (36,7%) mahasiswa yang memiliki pengetahuan yang baik, 57 (38%) dengan pengetahuan cukup dan 38 (25,3%) dengan pengetahuan kurang mengenai transplantasi kornea. Dari hasil uji statistik menggunakan uji Chi-Square didapatkan nilai p value sebesar 0,615. Kesimpulan: Tidak ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dan sikap terhadap transplantasi kornea pada mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas YARSI angkatan tahun 2015. Hukum transplantasi kornea dalam pandangan Islam memiliki perbedaan pendapat antara yang memperbolehkan dan tidak memperbolehkan. Saran: Pada penelitian selanjutnya diharapkan agar lebih memahami mengenai transplantasi kornea dan menyikapi praktik transplantasi kornea agar cakupan dapat lebih luas serta mempertimbangkan lagi tempat penelitian secara matang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-7137-FK
Uncontrolled Keywords: Transplantasi kornea, pengetahuan, sikap, hubungan, pandangan Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RD Surgery
R Medicine > RE Ophthalmology
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2024 07:35
Last Modified: 30 Oct 2024 07:35
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13847

Actions (login required)

View Item View Item