Utama, Muhammad Rifqki (2023) PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN INFORMATIKA UNTUK SISWA DAAR ENNADWA ISLAMIC BOARDING SCHOOL BERBASIS ANDROID (AR-TIK). Diploma thesis, Universitas YARSI.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
04. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
03. HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
11. BAB 1.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text
12. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
![]() |
Text
13. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
![]() |
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) |
![]() |
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
![]() |
Text
16. BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
![]() |
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi di bidang pembelajaran menurut kalangan pelajar dan mengajar untuk dapat mengenali dan mengetahui sistem pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan merancang suatu aplikasi yang dapat memberikan informasi pembelajaran Teknologi Informasi dan Komputer serta pengenalan komponen - komponen perangkat keras pada komputer melalui fitur Augmented Reality. Kebutuhan akan teknologi dalam ranah pendidikan bukanlah hal yang baru, pemanfaatan teknologi untuk membentuk pembelajar yang kondusif dan inovatif. Pemanfaatan tersebut terbukti berperan besar dalam kelancaran proses belajar. Pada tugas akhir ini dihasilkan Aplikasi AR-TIK berbasis Android, dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan software Unity. Metodologi pengembangan aplikasi yang digunakan adalah ADDIE (analyse, design, development, implementation and evaluation). Pengujian aplikasi menggunakan metode SUS (system usability scale) dengan responden siswa dan umum. Hasil pengujian menunjukkan skor SUS Aplikasi AR-TIK adalah 83 dari 100. Dengan demikian, sistem dinyatakan acceptable (dapat diterima) dan termasuk dalam grade (kategori) B dengan rating (tingkat) Excellent. Walaupun aplikasi ini terbilang Excellent, ada beberapa kritik dan saran berdasarkan hasil responden yaitu, perlunya penambahan lebih banyak lagi dari materi pembelajaran dan materi objek 3D fitur Augmented Reality.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-898-FTI |
Uncontrolled Keywords: | teknologi, pembelajaran, informatika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | MUHAMMAD UTAMA |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 02:19 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 02:19 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13845 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |