Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN INFORMATIKA UNTUK SISWA DAAR ENNADWA ISLAMIC BOARDING SCHOOL BERBASIS ANDROID (AR-TIK)

Utama, Muhammad Rifqki (2023) PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN INFORMATIKA UNTUK SISWA DAAR ENNADWA ISLAMIC BOARDING SCHOOL BERBASIS ANDROID (AR-TIK). Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 01. COVER.pdf] Text
01. COVER.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 04. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
04. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 03. HALAMAN PERNYATAAN.pdf] Text
03. HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 02. ABSTRAK.pdf] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 11. BAB 1.pdf] Text
11. BAB 1.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 12. BAB 2.pdf] Text
12. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of 13. BAB 3.pdf] Text
13. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[thumbnail of 14. BAB 4.pdf] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[thumbnail of 15. BAB 5.pdf] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of 16. BAB 6.pdf] Text
16. BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of 18. LAMPIRAN.pdf] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)

Abstract

Perkembangan teknologi di bidang pembelajaran menurut kalangan pelajar dan mengajar untuk dapat mengenali dan mengetahui sistem pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan merancang suatu aplikasi yang dapat memberikan informasi pembelajaran Teknologi Informasi dan Komputer serta pengenalan komponen - komponen perangkat keras pada komputer melalui fitur Augmented Reality. Kebutuhan akan teknologi dalam ranah pendidikan bukanlah hal yang baru, pemanfaatan teknologi untuk membentuk pembelajar yang kondusif dan inovatif. Pemanfaatan tersebut terbukti berperan besar dalam kelancaran proses belajar. Pada tugas akhir ini dihasilkan Aplikasi AR-TIK berbasis Android, dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan software Unity. Metodologi pengembangan aplikasi yang digunakan adalah ADDIE (analyse, design, development, implementation and evaluation). Pengujian aplikasi menggunakan metode SUS (system usability scale) dengan responden siswa dan umum. Hasil pengujian menunjukkan skor SUS Aplikasi AR-TIK adalah 83 dari 100. Dengan demikian, sistem dinyatakan acceptable (dapat diterima) dan termasuk dalam grade (kategori) B dengan rating (tingkat) Excellent. Walaupun aplikasi ini terbilang Excellent, ada beberapa kritik dan saran berdasarkan hasil responden yaitu, perlunya penambahan lebih banyak lagi dari materi pembelajaran dan materi objek 3D fitur Augmented Reality.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-898-FTI
Uncontrolled Keywords: teknologi, pembelajaran, informatika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: MUHAMMAD UTAMA
Date Deposited: 17 Mar 2025 02:19
Last Modified: 17 Mar 2025 02:19
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13845

Actions (login required)

View Item View Item