Ritonga, Deybi Eri Cahyani (2018) PANDANGAN DOSEN DAN MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI MENGENAI PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
01. Cover SKRIPSI DEYBI 1102015058_i.pdf Download (46kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
04. Abstrak SKRIPSI DEYBI 1102015058.pdf Download (37kB) |
|
Text
07. Bab 1 ISI SKRIPSI DEYBI 1102015058_1-4.pdf Download (52kB) |
|
Text
12. Daftar Pustaka ISI SKRIPSI DEYBI 1102015058_47-49.pdf Download (43kB) |
|
Text
08. Bab 2 ISI SKRIPSI DEYBI 1102015058_5-22.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
Text
09. Bab 3 ISI SKRIPSI DEYBI 1102015058_23-29.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
|
Text
10. Bab 4 ISI SKRIPSI DEYBI 1102015058_30-44.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
|
Text
11. Bab 5 ISI SKRIPSI DEYBI 1102015058_45-46.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
|
Text
13. Lampiran ISI SKRIPSI DEYBI 1102015058_50-85.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) |
Abstract
Latar Belakang : Pendidikan kedokteran tahap akademik dituntut untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan. Namun masih banyak institusi yang menunjukkan kurangnya kurikulum kepemimpinan formal karena terbatasnya bimbingan mengenai kurikulum yang ideal, format, metode penyampaian, durasi, atau waktu pendidikan kepemimpinan di pendidikan kedokteran. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pandangan dosen serta mahasiswa mengenai pendidikan kepemimpinan yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas YARSI dalam menghadapi tantangan pelayanan kesehatan. Metode :Penelitian gabungan yaitu secara kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap dosen kepala bagian serta secara kuantitatif melalui kuisioner kepada mahasiswa kedokteran Universitas YARSI. Hasil : Wawancara mendalam dilakukan terhadap 15 dosen, serta survey dengan kuisionerkepada 129 mahasiswa. 14 dosen (93.3%) menyatakan perlunya pendidikan kepemimpinan, dimana sebagian besar dosen menyatakan pendidikan kepemimpinan telah dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas YARSI. Hasil survey didapatkan lima kompetensi terpenting meliputi bertanggung jawab dan beretika, kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, kemampuan mengambil keputusan , dan keterampilan klinis. Pelatihan dinilai dosen dan mahasiswa sebagai metode terbaik untuk mengajarkan kepemimpinan. Mereka menyatakan bahwa dalam kepemimpinan diperlukan pengetahuan mengenai prinsip islam yaitu berpedoman dengan alQuran dan meneladani Rasulullah SAW yaitu sidiq, fathanah, tabliq, amanah, jujur, adil, bertanggung jawab, serta rela berkorban. Kesimpulan : Dosen dan mahasiswa menilai kompetensi kepemimpinan yang utama adalah kemampuan berkomunikasi dan bertanggung jawab, serta metode terbaik dalam pendidikan kepemimpinan pada mahasiswa kedokteran adalah dengan pelatihan. Bagi penelitian selanjutnya, dapat dilakukan penelitian mengenai efektivitas pendidikan kepemimpin di fakultas kedokteran lain di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-7107-FK |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan kepemimpinan, Mahasiswa kedokteran, Kompetensi, Pelatihan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education R Medicine > R Medicine (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 07:02 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 07:02 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13800 |
Actions (login required)
View Item |