Search for collections on Universitas YARSI Repository

PRAKTIK PEMENUHAN HAK KONSUMEN ATAS INFORMASI BENAR, JELAS DAN JUJUR : STUDI PENCATATAN PEMAKAIAN ALIRAN LISTRIK PADA PT PLN (PERSERO) UP3 TANJUNG PRIOK

Zahra, Rieva Kamila (2024) PRAKTIK PEMENUHAN HAK KONSUMEN ATAS INFORMASI BENAR, JELAS DAN JUJUR : STUDI PENCATATAN PEMAKAIAN ALIRAN LISTRIK PADA PT PLN (PERSERO) UP3 TANJUNG PRIOK. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 01. COVER.pdf] Text
01. COVER.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 04. HALAMAN PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf] Text
04. HALAMAN PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 05. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
05. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 08. ABSTRAK.pdf] Text
08. ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 10. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of 11. BAB II PERLINDUNGAN KONSUMEN LISTRIK, HAK-HAKNYA.pdf] Text
11. BAB II PERLINDUNGAN KONSUMEN LISTRIK, HAK-HAKNYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of 12. BAB III PENYAJIAN DAN ANALISIS DATA PENCATATAN.pdf] Text
12. BAB III PENYAJIAN DAN ANALISIS DATA PENCATATAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of 13. BAB IV PANDANGAN ISLAM TERHADAP PRAKTIK.pdf] Text
13. BAB IV PANDANGAN ISLAM TERHADAP PRAKTIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of 14. BAB V PENUTUP.pdf] Text
14. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)

Abstract

Perlindungan konsumen menjamin kepastian hukum dalam memenuhi kebutuhan hidup, terutama terkait kerugian akibat penggunaan barang dan/atau jasa. Penelitian ini menyoroti perlindungan konsumen terhadap kelalaian pencatatan meteran listrik yang mengakibatkan tagihan tidak sesuai dengan penggunaan daya listrik, memaksa konsumen membayar lebih dari yang seharusnya. PT. PLN bertanggung jawab atas kerugian ini dengan memberikan kompensasi. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi perlindungan hukum bagi konsumen PT. PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok terkait kesalahan pencatatan kWh meter listrik, dan menganalisis perspektif Islam terhadap praktik pencatatan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok telah mengoptimalkan alat-alat pembacaan meteran listrik dan meningkatkan standar pelayanan untuk menghindari kesalahan pencatatan. PLN memastikan akurasi pencatatan dengan penggunaan teknologi terbaru dan pelatihan petugas, serta memperbaiki kesalahan dan memberikan kompensasi kepada konsumen yang dirugikan. Perspektif Islam menekankan pentingnya praktik pencatatan yang adil dan jujur. Penelitian ini menyarankan PLN terus mengoptimalkan alat pencatatan, meningkatkan standar pelayanan, dan mengedukasi masyarakat untuk segera melaporkan masalah pencatatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-1049-FH
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Studi Pencatatan Alat Pembacaan (kWh Meter Listrik), PT. PLN
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
K Law > K Law (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Rieva Zahra
Date Deposited: 21 Nov 2025 01:30
Last Modified: 21 Nov 2025 01:30
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13551

Actions (login required)

View Item View Item