Zahra, Rieva Kamila (2024) PRAKTIK PEMENUHAN HAK KONSUMEN ATAS INFORMASI BENAR, JELAS DAN JUJUR : STUDI PENCATATAN PEMAKAIAN ALIRAN LISTRIK PADA PT PLN (PERSERO) UP3 TANJUNG PRIOK. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
01. COVER.pdf Download (58kB) |
|
|
Text
04. HALAMAN PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
05. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
08. ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
|
|
Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (130kB) |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (27kB) |
|
|
Text
11. BAB II PERLINDUNGAN KONSUMEN LISTRIK, HAK-HAKNYA.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
|
|
Text
12. BAB III PENYAJIAN DAN ANALISIS DATA PENCATATAN.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
|
Text
13. BAB IV PANDANGAN ISLAM TERHADAP PRAKTIK.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
|
Text
14. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
|
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
Abstract
Perlindungan konsumen menjamin kepastian hukum dalam memenuhi kebutuhan hidup, terutama terkait kerugian akibat penggunaan barang dan/atau jasa. Penelitian ini menyoroti perlindungan konsumen terhadap kelalaian pencatatan meteran listrik yang mengakibatkan tagihan tidak sesuai dengan penggunaan daya listrik, memaksa konsumen membayar lebih dari yang seharusnya. PT. PLN bertanggung jawab atas kerugian ini dengan memberikan kompensasi. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi perlindungan hukum bagi konsumen PT. PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok terkait kesalahan pencatatan kWh meter listrik, dan menganalisis perspektif Islam terhadap praktik pencatatan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. PLN (Persero) UP3 Tanjung Priok telah mengoptimalkan alat-alat pembacaan meteran listrik dan meningkatkan standar pelayanan untuk menghindari kesalahan pencatatan. PLN memastikan akurasi pencatatan dengan penggunaan teknologi terbaru dan pelatihan petugas, serta memperbaiki kesalahan dan memberikan kompensasi kepada konsumen yang dirugikan. Perspektif Islam menekankan pentingnya praktik pencatatan yang adil dan jujur. Penelitian ini menyarankan PLN terus mengoptimalkan alat pencatatan, meningkatkan standar pelayanan, dan mengedukasi masyarakat untuk segera melaporkan masalah pencatatan.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | S-1049-FH |
| Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen, Studi Pencatatan Alat Pembacaan (kWh Meter Listrik), PT. PLN |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor K Law > K Law (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Depositing User: | Rieva Zahra |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 01:30 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 01:30 |
| URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
