Rahmawati, Nopita (2022) HUBUNGAN ANTARA PENGARUH STRES AKADEMIK AKIBAT PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEJADIAN DISMENORE PADA REMAJA PUTRI DI MTS DAN MA JAMIAT KHEIR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
01. COVER.pdf Download (68kB) |
|
|
Text
02. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (5MB) |
|
|
Text
03. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (315kB) |
|
|
Text
05. ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf Download (128kB) |
|
|
Text
08. BAB I.pdf Download (244kB) |
|
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
|
Text
09. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
|
Text
13. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
|
|
Text
16. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
Abstract
Latar Belakang : Adanya pandemi COVID-19 memberikan dampak pada sektor Pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020, tentang perintah proses pembelajaran dilakukan secara daring (online) untuk mencegah penularan COVID-19. Pembelajaran daring ini memiliki dampak buruk bagi siswa yaitu stress akademik. Stres dalam perspektif Islam berdasarkan analisis ayat-ayat al-Qur’an membagi stres kedalam tiga, yaitu term qalaq/worry (cemas), ya’s /despair (putus asa), dan qunut/helplessness (keadaan tidak berdaya). Stress merupakan salah satu penyebab terjadinya nyeri saat menstruasi (dismenore). Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antra stress akademik dengan kejadian dismenore pada remaja putri di MTS dan MA Jamiat Kheir Metode: Jenis Penelitian ini berupa analitik observasional dengan rancangan penelitian Cross-sectional. Kuesioner didistribusikan melalui google form. Penelitian ini dilakukan pada Remaja Putri di MTS dan MA Jamiat Kheir dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Analisis data menggunakan Uji Chi- square Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik tidak terdapat hubungan antara stress akademik akibat pembelajaran daring dengan kejadian dismenore pada Remaja Putri di MTS dan MA Jamiat Kheir selama masa pandemi COVID-19. Namun, setelah dilakukan Focus Group discussion diketahui stress yang dialami responden disebabkan oleh faktor keluarga, sosial, lingkungan, dan ekonomi keluarga. Kesimpulan: Tidak terdapat hasil yang bermakna antara stress akademik dengan kejadian dismenore.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | S-7594-FK |
| Uncontrolled Keywords: | Stres Akademik. Dismenore, COVID-19 |
| Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RC Internal medicine R Medicine > RG Gynecology and obstetrics R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology |
| Depositing User: | Nopita Rahmawati |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 07:09 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 07:09 |
| URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
