Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BAHASA ISYARAT INDONESIA (BISINDO) BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS BASED TRACKING

Pratama, Reynaldi (2021) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BAHASA ISYARAT INDONESIA (BISINDO) BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS BASED TRACKING. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (485kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (544kB)
[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of 2. LANDASAN TEORI.pdf] Text
2. LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of 3. METEDOLOGI PENELITIAN.pdf] Text
3. METEDOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[thumbnail of 4. HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf] Text
4. HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[thumbnail of 5. TINJAUAN ISLAM.pdf] Text
5. TINJAUAN ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of 6. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf] Text
6. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)

Abstract

Bahasa isyarat Indonesia (BISINDO) sejak tahun 1981, sudah mulai diperjuangkan oleh Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (GERKATIN). Dibandingkan dengan Sistem isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) yang lebih mengambil frase dari Bahasa asing, Bisindo dianggap lebih mewakili budaya tuli Indonesia karena mampu merepresentasikan budaya tuli Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi Bernama “Belajar Bisindo” yang memperkenalkan Bisindo menggunakan Augmented Reality, membuat 26 objek 3D huruf Bisindo dari A-Z. Aplikasi Belajar Bisindo digunakan untuk media pembelajaran untuk orang Tunarungu dengan berbasis Android menggunakan metode markerless based. Tahap penelitian perancangan aplikasi ini menggunakan metodologi Research and Development yang terdiri dari studi literatur, pembuatan objek, pembuatan video, desain aplikasi, analisa akhir dan laporan akhir. Aplikasi Belajar Bisindo telah berhasil dan di uji coba ke 46 orang diantaranya 7 orang Tunarungu dan 39 orang normal menggunakan Teknik USEQ mendapatkan nilai sebesar 85,39% yang berarti aplikasi yang penulis buat diterima dan sangat layak untuk digunakan oleh pengguna. Aplikasi Belajar Bisindo berbasis Android ini sudah sesuai dengan nilai-nilai dalam Islam, karena dapat memudahkan orang Tunarungu dalam memahami bentuk tangan dalam Bisindo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-896-FTI
Uncontrolled Keywords: Bisindo, Augmented Reality, Android
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: REYNALDI PRATAMA
Date Deposited: 06 Mar 2025 06:08
Last Modified: 06 Mar 2025 06:08
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13242

Actions (login required)

View Item View Item