Pratama, Reynaldi (2021) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BAHASA ISYARAT INDONESIA (BISINDO) BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS BASED TRACKING. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Preview |
Text
Cover.pdf Download (485kB) | Preview |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (544kB) |
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (609kB) |
![]() |
Text
2. LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
![]() |
Text
3. METEDOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
![]() |
Text
4. HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
![]() |
Text
5. TINJAUAN ISLAM.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
![]() |
Text
6. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
Abstract
Bahasa isyarat Indonesia (BISINDO) sejak tahun 1981, sudah mulai diperjuangkan oleh Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (GERKATIN). Dibandingkan dengan Sistem isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) yang lebih mengambil frase dari Bahasa asing, Bisindo dianggap lebih mewakili budaya tuli Indonesia karena mampu merepresentasikan budaya tuli Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi Bernama “Belajar Bisindo” yang memperkenalkan Bisindo menggunakan Augmented Reality, membuat 26 objek 3D huruf Bisindo dari A-Z. Aplikasi Belajar Bisindo digunakan untuk media pembelajaran untuk orang Tunarungu dengan berbasis Android menggunakan metode markerless based. Tahap penelitian perancangan aplikasi ini menggunakan metodologi Research and Development yang terdiri dari studi literatur, pembuatan objek, pembuatan video, desain aplikasi, analisa akhir dan laporan akhir. Aplikasi Belajar Bisindo telah berhasil dan di uji coba ke 46 orang diantaranya 7 orang Tunarungu dan 39 orang normal menggunakan Teknik USEQ mendapatkan nilai sebesar 85,39% yang berarti aplikasi yang penulis buat diterima dan sangat layak untuk digunakan oleh pengguna. Aplikasi Belajar Bisindo berbasis Android ini sudah sesuai dengan nilai-nilai dalam Islam, karena dapat memudahkan orang Tunarungu dalam memahami bentuk tangan dalam Bisindo.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-896-FTI |
Uncontrolled Keywords: | Bisindo, Augmented Reality, Android |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | REYNALDI PRATAMA |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 06:08 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 06:08 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13242 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |