Search for collections on Universitas YARSI Repository

Hubungan Antara Dukungan Sosial yang Dipersepsikan dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja ADHD serta Tinjauannya dalam Islam

Ansyari, Shalaathaya Fairuza (2023) Hubungan Antara Dukungan Sosial yang Dipersepsikan dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja ADHD serta Tinjauannya dalam Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 3. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 9. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 13.BAB I.pdf]
Preview
Text
13.BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 19. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 14. BAB II.pdf] Text
14. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[thumbnail of 15. BAB III.pdf] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of 16. BAB IV.pdf] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of 17. BAB V.pdf] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of 18. BAB VI.pdf] Text
18. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of 20. LAMPIRAN.pdf] Text
20. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)

Abstract

Penyandang ADHD mengalami gangguan inatensi, hiperaktivitas dan impulsivitas yang berdampak terhadap aspek akademik mereka di sekolah. Akan tetapi tidak jarang lingkungan memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi atau bahkan terlalu rendah terhadap pencapaian siswa ADHD. Harapan agar remaja ADHD dapat sukses secara akademik dapat menjadi pedang bermata dua, yakni di satu sisi dipersepsikan sebagai dukungan, namun disisi lain dapat dimaknai sebagai tekanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial yang dipersepsikan dengan motivasi berprestasi pada remaja ADHD. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 27 remaja penyandang ADHD yang berdomisili di JABODETABEK. Penelitian ini menggunakan alat ukur Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dan Achievement Motives Scale (AMS). Hasil dari penelitian ditemukan terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel dukungan sosial yang dipersepsikan dimensi keluarga, teman, dan significant others dengan variabel motivasi berprestasi dimensi hope of success. Kemudian terdapat hubungan yang positif antara significant others dengan fear of failure, sedangkan keluarga dan teman tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan fear of failure. Menurut Islam dukungan sosial yang dipersepsikan memiliki hubungan dengan motivasi berprestasi pada remaja ADHD, sebagaimana Allah SWT menganjurkan umat manusia untuk saling menyayangi dan tolong menolong termasuk mereka yang memiliki keterbatasan agar tidak mudah berputus asa dan senantiasa berusaha meraih ridha Allah SWT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-452-PSI
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial yang Dipersepsikan, Motivasi Berprestasi, Remaja ADHD
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Depositing User: Shalaathaya Ansyari
Date Deposited: 27 Nov 2025 01:45
Last Modified: 27 Nov 2025 01:45
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13213

Actions (login required)

View Item View Item