Ansyari, Shalaathaya Fairuza (2023) Hubungan Antara Dukungan Sosial yang Dipersepsikan dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja ADHD serta Tinjauannya dalam Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Preview |
Text
1. COVER.pdf Download (21kB) | Preview |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (2MB) |
|
Preview |
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
9. ABSTRAK.pdf Download (36kB) | Preview |
Preview |
Text
13.BAB I.pdf Download (229kB) | Preview |
Preview |
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text
14. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
|
|
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
|
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
|
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
|
|
Text
18. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
|
|
Text
20. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
Abstract
Penyandang ADHD mengalami gangguan inatensi, hiperaktivitas dan impulsivitas yang berdampak terhadap aspek akademik mereka di sekolah. Akan tetapi tidak jarang lingkungan memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi atau bahkan terlalu rendah terhadap pencapaian siswa ADHD. Harapan agar remaja ADHD dapat sukses secara akademik dapat menjadi pedang bermata dua, yakni di satu sisi dipersepsikan sebagai dukungan, namun disisi lain dapat dimaknai sebagai tekanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial yang dipersepsikan dengan motivasi berprestasi pada remaja ADHD. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 27 remaja penyandang ADHD yang berdomisili di JABODETABEK. Penelitian ini menggunakan alat ukur Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dan Achievement Motives Scale (AMS). Hasil dari penelitian ditemukan terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel dukungan sosial yang dipersepsikan dimensi keluarga, teman, dan significant others dengan variabel motivasi berprestasi dimensi hope of success. Kemudian terdapat hubungan yang positif antara significant others dengan fear of failure, sedangkan keluarga dan teman tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan fear of failure. Menurut Islam dukungan sosial yang dipersepsikan memiliki hubungan dengan motivasi berprestasi pada remaja ADHD, sebagaimana Allah SWT menganjurkan umat manusia untuk saling menyayangi dan tolong menolong termasuk mereka yang memiliki keterbatasan agar tidak mudah berputus asa dan senantiasa berusaha meraih ridha Allah SWT.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | S-452-PSI |
| Uncontrolled Keywords: | Dukungan Sosial yang Dipersepsikan, Motivasi Berprestasi, Remaja ADHD |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Shalaathaya Ansyari |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 01:45 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 01:45 |
| URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
