Hasanah, Ajeng Dwi (2021) PREDIKSI KELULUSAN MAHASISWA BERDASARKAN DATA AKTIVITAS PEMBELAJARAN DI LAYAR E-LEARNING YARSI. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Preview |
Text
01-COVER.pdf Download (286kB) | Preview |
Preview |
Text
04-HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (855kB) | Preview |
Preview |
Text
03-HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (423kB) | Preview |
Preview |
Text
02-ABSTRAK.pdf Download (307kB) | Preview |
Preview |
Text
12-BAB I.pdf Download (475kB) | Preview |
Preview |
Text
18-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) | Preview |
![]() |
Text
13-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
![]() |
Text
14-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) |
![]() |
Text
15-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
16-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
![]() |
Text
17-BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
![]() |
Text
19-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
Abstract
Nilai hasil belajar yang rendah dapat diinterpretasikan sebagai kurangnya kegiatan belajar yang dilakukan mahasiswa atau adanya tantangan, baik kognitif, emosional, ataupun fisiologis, yang dihadapi oleh mahasiswa. Mahasiswa yang mengalami banyak kendala belajar dalam suatu mata kuliah, umumnya akan sulit untuk lulus pada mata kuliah tersebut. Oleh karenanya, sangat penting untuk memperbaiki kualitas kegiatan belajar dari satu mata kuliah dan juga memberikan intervensi khusus bagi mahasiswa yang terkendala dalam pembelajarannya. Namun, sebelum intervensi dapat diberikan, instruktur perlu mengidentifikasi para mahasiswa yang mengalami kendala dalam belajar. Artinya, instruktur perlu memonitor proses dan kemajuan belajar mahasiswanya. Hal yang sangat tidak mungkin dilakukan dalam lingkungan belajar luring, tapi sangat mungkin dalam situasi belajar daring dengan pemanfaatan e-learning. Dengan memanfaatkan teknik penambangan data dengan menggunakan data dari e-learning, untuk memprediksi performa dan kelulusan mahasiswa dari suatu mata kuliah. Metode Naïve Bayes, Support Vector Machine, Logistic Regression dan Random Forest dapat diimplementasi untuk memprediksi kelulusan mahasiswa. Dataset yang digunakan pada penelitian ini berasal dari log moodle mata kuliah Dasar-Dasar Pemrograman. Jumlah data berisi 194 mahasiswa yang terdiri dari 66 mahasiswa lulus dan 128 mahasiswa tidak lulus. Hasil implementasi menunjukan algoritma Random Forest mendapatkan nilai akurasi terbesar yaitu 87%. Sedangkan untuk pengujian algoritma naïve bayes mendapatkan nilai akurasi terbesar yaitu 84%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-887-FTI |
Uncontrolled Keywords: | Penambangan data, prediksi, log, e-learning, akurasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | AJENG HASANAH |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 04:39 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 04:39 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13209 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |