Search for collections on Universitas YARSI Repository

PREDIKSI KELULUSAN MAHASISWA BERDASARKAN DATA AKTIVITAS PEMBELAJARAN DI LAYAR E-LEARNING YARSI

Hasanah, Ajeng Dwi (2021) PREDIKSI KELULUSAN MAHASISWA BERDASARKAN DATA AKTIVITAS PEMBELAJARAN DI LAYAR E-LEARNING YARSI. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 01-COVER.pdf]
Preview
Text
01-COVER.pdf

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 04-HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
04-HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (855kB) | Preview
[thumbnail of 03-HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
03-HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of 02-ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
02-ABSTRAK.pdf

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 12-BAB I.pdf]
Preview
Text
12-BAB I.pdf

Download (475kB) | Preview
[thumbnail of 18-DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
18-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 13-BAB II.pdf] Text
13-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[thumbnail of 14-BAB III.pdf] Text
14-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)
[thumbnail of 15-BAB IV.pdf] Text
15-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 16-BAB V.pdf] Text
16-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[thumbnail of 17-BAB VI.pdf] Text
17-BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[thumbnail of 19-LAMPIRAN.pdf] Text
19-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)

Abstract

Nilai hasil belajar yang rendah dapat diinterpretasikan sebagai kurangnya kegiatan belajar yang dilakukan mahasiswa atau adanya tantangan, baik kognitif, emosional, ataupun fisiologis, yang dihadapi oleh mahasiswa. Mahasiswa yang mengalami banyak kendala belajar dalam suatu mata kuliah, umumnya akan sulit untuk lulus pada mata kuliah tersebut. Oleh karenanya, sangat penting untuk memperbaiki kualitas kegiatan belajar dari satu mata kuliah dan juga memberikan intervensi khusus bagi mahasiswa yang terkendala dalam pembelajarannya. Namun, sebelum intervensi dapat diberikan, instruktur perlu mengidentifikasi para mahasiswa yang mengalami kendala dalam belajar. Artinya, instruktur perlu memonitor proses dan kemajuan belajar mahasiswanya. Hal yang sangat tidak mungkin dilakukan dalam lingkungan belajar luring, tapi sangat mungkin dalam situasi belajar daring dengan pemanfaatan e-learning. Dengan memanfaatkan teknik penambangan data dengan menggunakan data dari e-learning, untuk memprediksi performa dan kelulusan mahasiswa dari suatu mata kuliah. Metode Naïve Bayes, Support Vector Machine, Logistic Regression dan Random Forest dapat diimplementasi untuk memprediksi kelulusan mahasiswa. Dataset yang digunakan pada penelitian ini berasal dari log moodle mata kuliah Dasar-Dasar Pemrograman. Jumlah data berisi 194 mahasiswa yang terdiri dari 66 mahasiswa lulus dan 128 mahasiswa tidak lulus. Hasil implementasi menunjukan algoritma Random Forest mendapatkan nilai akurasi terbesar yaitu 87%. Sedangkan untuk pengujian algoritma naïve bayes mendapatkan nilai akurasi terbesar yaitu 84%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-887-FTI
Uncontrolled Keywords: Penambangan data, prediksi, log, e-learning, akurasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: AJENG HASANAH
Date Deposited: 06 Mar 2025 04:39
Last Modified: 06 Mar 2025 04:39
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13209

Actions (login required)

View Item View Item