Search for collections on Universitas YARSI Repository

PENGEMBANGAN APLIKASI EDUKASI TENTANG PERLINDUNGAN KEAMANAN DIGITAL PRIBADI DENGAN PENDEKATAN GAMIFIKASI

Lutfi, Farhan Hadi (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI EDUKASI TENTANG PERLINDUNGAN KEAMANAN DIGITAL PRIBADI DENGAN PENDEKATAN GAMIFIKASI. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 1. HALAMAN JUDUL.pdf]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 3. HALAMAN PERNYATAAN ORISNALITAS.pdf]
Preview
Text
3. HALAMAN PERNYATAAN ORISNALITAS.pdf

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB 1.pdf]
Preview
Text
9. BAB 1.pdf

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB 2.pdf] Text
10. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[thumbnail of 11. BAB 3.pdf] Text
11. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[thumbnail of 12. BAB 4.pdf] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 13. BAB 5.pdf] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of 14. BAB 6.pdf] Text
14. BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)

Abstract

Pada zaman teknologi digital seperti sekarang, membuat penggunaan internet semakin banyak, namun masih ada masyarakat yang kurang akan kesadaranya dari bahaya yang ada di Internet, keamanan digital merupakan praktik melindungi informasi digital dari akses yang tidak sah. Gamifikasi adalah metode yang menerapkan elemen-elemen game pada sebuah aplikasi agar dapat menarik bagi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi sebagai media edukasi perlindungan keamanan digital berbasis Android dengan pendekatan Gamifikasi. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan edukasi tentang perlindungan keamanan digital agar meningkatnya kesadaran masyarakat atas pentingnya keamanan digital. Desain pengembangan sistem yang digunakan adalah desain ADDIE, untuk metode pengujian dari aplikasi yang digunakan adalah metode blackbox. Dengan uji beda yang dilakukan dari hasil nilai pretest dan posttest menunjukan bahwa ada peningkatan nilai sebesar 30.33% dan aplikasi perlindungan keamanan digital ini sesuai syariat Islam karena dapat dijadikan sebagai media dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-886-FTI
Uncontrolled Keywords: Gamifikasi, keamanan digital, ADDIE
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives
L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Depositing User: FARHAN LUTFI
Date Deposited: 06 Mar 2025 04:34
Last Modified: 06 Mar 2025 04:34
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13204

Actions (login required)

View Item View Item