Lutfi, Farhan Hadi (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI EDUKASI TENTANG PERLINDUNGAN KEAMANAN DIGITAL PRIBADI DENGAN PENDEKATAN GAMIFIKASI. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Preview |
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (17kB) | Preview |
Preview |
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (267kB) | Preview |
Preview |
Text
3. HALAMAN PERNYATAAN ORISNALITAS.pdf Download (186kB) | Preview |
Preview |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
Preview |
Text
9. BAB 1.pdf Download (173kB) | Preview |
Preview |
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (73kB) | Preview |
![]() |
Text
10. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
![]() |
Text
11. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
![]() |
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
![]() |
Text
14. BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
Abstract
Pada zaman teknologi digital seperti sekarang, membuat penggunaan internet semakin banyak, namun masih ada masyarakat yang kurang akan kesadaranya dari bahaya yang ada di Internet, keamanan digital merupakan praktik melindungi informasi digital dari akses yang tidak sah. Gamifikasi adalah metode yang menerapkan elemen-elemen game pada sebuah aplikasi agar dapat menarik bagi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi sebagai media edukasi perlindungan keamanan digital berbasis Android dengan pendekatan Gamifikasi. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan edukasi tentang perlindungan keamanan digital agar meningkatnya kesadaran masyarakat atas pentingnya keamanan digital. Desain pengembangan sistem yang digunakan adalah desain ADDIE, untuk metode pengujian dari aplikasi yang digunakan adalah metode blackbox. Dengan uji beda yang dilakukan dari hasil nilai pretest dan posttest menunjukan bahwa ada peningkatan nilai sebesar 30.33% dan aplikasi perlindungan keamanan digital ini sesuai syariat Islam karena dapat dijadikan sebagai media dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-886-FTI |
Uncontrolled Keywords: | Gamifikasi, keamanan digital, ADDIE |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Depositing User: | FARHAN LUTFI |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 04:34 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 04:34 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |