Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERLINDUNGAN HAK KONSUMEN ATAS HARGA OBAT SELAMA PANDEMI COVID-19 : STUDI HARGA OBAT RESEP ANTI VIRUS OSELTAMIVIR PADA APOTEK

Hanin, Amirah Aiman (2022) PERLINDUNGAN HAK KONSUMEN ATAS HARGA OBAT SELAMA PANDEMI COVID-19 : STUDI HARGA OBAT RESEP ANTI VIRUS OSELTAMIVIR PADA APOTEK. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
COVER 1302018064.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN 1302018064.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN ORISINALITAS 1302018064.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 1202012071.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 AMIRAH AIMAN HANIN.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA AMIRAH AIMAN 1302018064.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 AMIRAH AIMAN HANIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB 3 AMIRAH AIMAN HANIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB 4 AMIRAH AIMAN HANIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 AMIRAH AIMAN HANIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Perlindungan Hak Konsumen Atas Harga Obat Selama Pandemi Covid-19 : Studi Harga Obat Resep Anti Virus Oseltamivir pada Apotek” ini dibuat untuk mengkaji mengenai hak konsumen sehubungan dengan fenomena pelonjakan harga untuk mendapatkan obat antivirus oseltamivir selama masa pandemi covid 19 di Apotek.. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian hukum empiris dengan pendekatan empiris yaitu metode penelitian dengan menggunakan sumber data primer. Pendekatan Empiris dengan cara meneliti wawancara atau data primer sebagai bahan dasar untuk diteliti dengan cara mengadakan penulusuran terhadap fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis dengan metode kualitatif dan disajikan dengan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, bahwa peran dokter sebagai tenaga Kesehatan berhak memastikan konsumen dengan cara memberikan resep obat kepada pasien yang terkonfirmasi covid 19, dan menganjurkan untuk tidak membeli resep sendiri melainkan harus dengan resep dokter, cara lainnya juga dianjurkan melakukan pengobatan melalui puskesmas agar dapat dipantau oleh satgas covid, dalam pemberian anjuran dalam memastikan konsumen, hal ini peran dokter senada dengan Pasal 4 Undang – Undang Konsumen yang megatur hak konsumen. Pandangan Islam mengenai perlindungan hak konsumen atas harga obat selama pandemi covid 19 adalah Tsaman dalam jual beli yaitu suatu jumlah yang disepakati oleh kedua belah pihak, baik sama dengan nilai (qîmah) benda yang menjadi obyek jual beli, lebih tinggi maupun lebih rendah. Rasulullah secara jelas telah banyak memberi contoh tentang sistem perdagangan yang bermoral ini. Yaitu perdagangan yang jujur, adil, tidak merugikan kedua belah pihak. Perlindungan konsumen adalah hal yang sangat penting di dalam hukum Islam, karena Islam melihat bagaimana perlindungan konsumen bukan sebagai hubungan antara satu individu dengan individu lainnya saja, tetapi mengenai kepentingan publik secara luas, Salah satu yang terpenting adalah memenuhi hak konsumen. Hak konsumen dalam Islam adalah hak untuk memilih yang dikenal dengan istilah khiyar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-801-FH
Uncontrolled Keywords: Pandemi covid, Obat resep anti virus oseltamivir, Apotek.
Subjects: K Law > K Law (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 03 May 2024 11:40
Last Modified: 03 May 2024 11:40
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13115

Actions (login required)

View Item View Item