Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERANAN DAN KEPATUHAN MAHASISWA SERTA KELUARGA TERHADAP PROTOKOL PENCEGAHAN PENYEBARAN DAN PENANGGULANGAN WABAH COVID-19 DI FKG UNISSULA

Laksana, Riki Wira (2021) PERANAN DAN KEPATUHAN MAHASISWA SERTA KELUARGA TERHADAP PROTOKOL PENCEGAHAN PENYEBARAN DAN PENANGGULANGAN WABAH COVID-19 DI FKG UNISSULA. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)

Abstract

Wabah COVID-19 telah berkembang dan menjadi pandemi di seluruh dunia termasuk salah satunya di Indonesia. Pandemi telah mengubah hidup manusia baik dalam hal belajar maupun bekerja. Dibutuhkan tindakan untuk mencegah penyebaran COVID-19, tindakan pencegahan dapat efektif apabila yang menjalankan memiliki kepatuhan. Pada kenyataannya masih banyak masyarakat Indonesia yang menganggap sepele penyeberan penyakit ini. Mahasiswa memiliki kriteria yang sangat mendukung dalam menjadi contoh kepatuhan terhadap protokol kesehatan bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepatuhan mahasiswa Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (UNISULA). Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik koperatif dengan desain penelitian survey Cross-Sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik quota sampling sejumlah 150 orang yang menjadi objek penelitian. Hasil penelitian ini berdasarkan uji deskriptif didapatkan 64,7% patuh terhadap protokol pencegahan COVID-19. Uji Chi-Square menunjukan bahwa terdapat juga perbedaan bermakna antara sarjana dan profesi p=0,026 (p<0,05). Menurut kategorik pendidikan terakhir ayah uji signifikan terdapat perbedaan bermakna p=0,030 (p<0,05). Sedangkan kategorik Pendidikan terakhir ibu uji signifikan tidak terdapat perbedaan bermakna p=0841 (p>0,05). Sebesar 120 responden yang selalu mengajak orangtua untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini bahwa variabel tahun angkatan, pendidikan terakhir ayah, dan penyakit kormobid yang dimiliki responden akan mempengaruhi tingkat kepatuhan mahasiswa. Kepatuhan mahasiswa adalah bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Sehingga dapat berperan dalam menjaga kesehatan keluarga dan lingkungan. Kepatuhan memiliki arti bahwa manusia harus selalu taat dan patuh terhadap peraturan, berupa protokol kesehatan pencegahan, penyebaran, dan penanggulangan wabah COVID-19 yang telah ditentukan oleh pemerintah demi kebaikan dan kesejahteraan bersama di lingkungan. Kepatuhan dilakukan selama masih berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan dan tidak menyimpang dari aturan agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-246-KG
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan, mahasiswa, keluarga, protokol kesehatan, COVID-19.
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2024 13:11
Last Modified: 06 Mar 2024 13:11
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13018

Actions (login required)

View Item View Item