Search for collections on Universitas YARSI Repository

EFEKTIVITAS ANTIOKSIDAN TEH HIJAU (Camellia sinensis) SEBAGAI TERAPI TAMBAHAN SCALING ROOT PLANING DALAM PERAWATAN PERIODONTITIS KRONIS: LITERATURE REVIEW

Damayanti, Nabila (2021) EFEKTIVITAS ANTIOKSIDAN TEH HIJAU (Camellia sinensis) SEBAGAI TERAPI TAMBAHAN SCALING ROOT PLANING DALAM PERAWATAN PERIODONTITIS KRONIS: LITERATURE REVIEW. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (115kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (164kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Latar belakang: Periodontitis kronis merupakan penyakit periodontal multifaktorial yang disebabkan oleh berbagai bakteri patogen rongga mulut. Bakteri tersebut yang menginisiasi jaringan periodontal akan menimbulkan respons inflamasi, proses inflamasi tersebut melibatkan peranan radikal bebas. Perawatan fase pertama dalam menangani penyakit periodontitis kronis, yaitu scaling root planing, yang dapat membantu mengurangi gejala klinis, kemudian diberikan terapi tambahan untuk membantu dalam proses penyembuhan jaringan periodontal. Terapi tambahan atau agen kemoterapeutik salah satunya dapat berasal dari tanaman herbal yaitu, teh hijau (Camellia sinensis) yang memiliki kandungan antioksidan, Kandungan antioksidan yaitu polifenol dalam teh hijau berupa katekin berfungsi menghambat radikal bebas sehingga proses inflamasi pada penyakit periodontal dapat terhenti. Tujuan: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efek antioksidan teh hijau (Camellia sinensis) dalam menghambat radikal bebas pada periodontitis kronis dan pandangannya dalam Islam. Metode: Metode yang digunakan dalam studi penelitian ini adalah studi literatur. Studi yang diperoleh dari 4 database dengan menggunakan kata kunci pencarian, kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil: Diperoleh 11 jurnal yang sesuai dengan kata kunci, kriteria inklusi dan eksklusi. Dari 11 jurnal penelitian yang membahas mengenai efek kandungan polifenol teh hijau (Camellia sinensis) terhadap penyakit periodontal, menyatakan bahwa kandungan polifenol teh hijau yaitu katekin, dengan kandungan utama berupa EGCG, efektif dalam menurunkan biomarker, parameter klinis dan mediator inflamasi penyakit periodontal, meningkatkan kapasitas total antioksidan, serta menghambat pertumbuhan bakteri penyebab periodontitis. Kesimpulan: Teh hijau (Camellia sinensis) dengan kandungan katekin berupa EGCG, dapat digunakan sebagai bahan terapi tambahan scaling root planning yang efektif dalam menghambat radikal bebas terkait periodontitis kronis dan merupakan bahan herbal yang halal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-243-KG
Uncontrolled Keywords: Teh hijau, periodontitis, scaling root planing, radikal bebas, antioksidan
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RK Dentistry
R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
R Medicine > RX Homeopathy
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2024 12:34
Last Modified: 06 Mar 2024 12:34
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13015

Actions (login required)

View Item View Item