Search for collections on Universitas YARSI Repository

ANALISA KEPATUHAN MAHASISWA FKG UNIVERSITAS BAITURRAHMAH TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19 SERTA PERANANNYA DALAM PENGENDALIAN PENYEBARAN COVID-19 DI LINGKUNGAN KELUARGA-MASYARAKAT

Asri, Adzkia Dheyatika (2021) ANALISA KEPATUHAN MAHASISWA FKG UNIVERSITAS BAITURRAHMAH TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19 SERTA PERANANNYA DALAM PENGENDALIAN PENYEBARAN COVID-19 DI LINGKUNGAN KELUARGA-MASYARAKAT. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (390kB)
[img] Text
orisinalitas.pdf

Download (230kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: COVID-19 menular dengan cepat ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Pemerintah menetapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran. Peran mahasiswa sangat penting untuk membantu pencegahan penyebaran virus ini. Kebijakan-kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah merupakan bentuk implementasi dari maqashid syariah dalam ikhtiar menekan laju penyebaran COVID-19 Tujuan: Untuk mengetahui tingkat kepatuhan mahasiswa FKG Universitas Baiturrahmah dan keluarganya terhadap protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan faktor-faktor sosiodemografi yang mempengaruhi serta peran mahasiswa dalam pencegahan COVID-19 di lingkungan keluarga-masyarakat dan tinjauannya dari perspektif Islam. Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 110 responden dengan menggunakan metode quota sampling. Pengambilan data dilakukan melalui googleform dan data dianalisis menggunakan uji non parametrik dan uji proporsi Chi-Square. Hasil: Mahasiswa FKG Universitas Baiturrahmah yang mematuhi protokol kesehatan adalah 55,5% sedangkan keluarga mahasiswa yang patuh adalah 52,7%. Mahasiswa yang berperan besar dalam membantu pencegahan COVID-19 adalah 59,1%. Hasil uji non parametrik dan Chi�Square skor kepatuhan mahasiswa dan keluarga menunjukkan hasil yang signifikan pada variabel jenis kelamin, tingkat pendidikan ayah, jumlah anggota keluarga yang tinggal satu rumah, anggota keluarga yang berusia < 12 tahun, peran mahasiswa, dan tingkat pendidikan ibu didapatkan hasil signifikan (p<0,05). Terdapat korelasi yang bermakna antara skor kepatuhan mahasiswa dengan skor kepatuhan keluarga nilai r= 0,58 (p=0,00). Kesimpulan: Sebagian mahasiswa telah mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Mematuhi protokol kesehatan adalah kewajiban agar tidak memudharatkan orang lain. Jenis kelamin, tingkat pendidikan ayah, jumlah anggota keluarga yang tinggal satu rumah, dan anggota keluarga yang berusia < 12 tahun dapat mempengaruhi tingkat kepatuhan mahasiswa. Peran mahasiswa dan tingkat pendidikan ibu dapat mempengaruhi tingkat kepatuhan keluarga mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-224-KG
Uncontrolled Keywords: COVID-19, kepatuhan, protokol kesehatan, peran mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 04 Mar 2024 09:37
Last Modified: 04 Mar 2024 09:37
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12990

Actions (login required)

View Item View Item