Search for collections on Universitas YARSI Repository

PENENTUAN AKTIVITAS PENGHAMBAT ENZIM LIPASE DARI JUS BUAH, BUNGA, DAN DAUN PEPAYA (Carica papaya L. ) VARIETAS CALIFORNIA DAN CIBINONG DITINJAU DARI ILMU KEDOKTERAN DAN ISLAM

Fitriasa, Rayyan (2017) PENENTUAN AKTIVITAS PENGHAMBAT ENZIM LIPASE DARI JUS BUAH, BUNGA, DAN DAUN PEPAYA (Carica papaya L. ) VARIETAS CALIFORNIA DAN CIBINONG DITINJAU DARI ILMU KEDOKTERAN DAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN 1102014223.pdf

Download (70kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1102014223.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Buah pepaya memiliki banyak jenis dan masyarakat Indonesia gemar mengkonsumsi Pepaya diantaranya yang sering terdapat di Indonesia yaitu varietas California dan Cibinong. Jumlah masyarakat Obesitas di Indonesia maupun di dunia semakin lama semakin banyak dikarenakan pola hidup yang tidak sehat. Tujuan: Menentukan persentase inhibisi enzim lipase dari jus buah, bunga dan daun Carica papaya L. sebagai bahan alami untuk antiobesitas. Metode: Mulanya, peneliti membuat jus Buah, bunga, dan daun pepaya varietas California dan Betik Sekaki. Terdapat kelangkaan pada sampel pepaya varietas Cibinong sehingga digantikan oleh varietas Betik Sekaki. Sebanyak 150 g sample dipotong lalu dibagi dan dimasukan kedalam gelas ukur. Ditambahkan 300 ml aquades. Sample dimasukan kedalam juicer. Setelah dihancurkan selama satu menit kemudian disaring dengan kertas saring Whatman No. 1. Filtrat diambil untuk kemudian diuji aktivitasnya menggunakan ELISA. Kemudian sample dari macam variable tesebut di campurkan kedalam bahan aktif enzim PPL (Lipase form porcine pancreas) dan substrat NPB (2,4-dinitrophenyl butyrate). Hasil: Pengujian aktifitas enzim lipase dilakukan dengan mereaksikan ekstrak dari jua buah, bunga dan daun dengan larutan enzim PPL (Lipase form porcine pancreas) menunjukan nilai presentasi inhibisi terbaik terdapat pada buah pepaya variasi California dan Betik Sekaki dengan rata-rata diatas 50% ini menandakan bahwa buah, sangat potensial walaupun ada sebagian sampel yang ternyata bukannya menghambat malah meningkatkan aktivitas enzim lipase. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian ini dan ditinjau dari sudut pandang Islam, penelitian tentang penentuan aktivitas penghambat enzim lipase dari jus buah, bunga, dan daun Pepaya (Carica papaya L.) varietas California dan Betik Sekaki sejalan dengan prinsip dan nilai-nilai Islam karena Islam memerintahkan umatnya untuk mengembangkan sains dan teknologi dan juga sejalan dengan tujuan utama dari ilmu kedokteran, yakni untuk mempertahankan kehidupan dan menunaikan kewajiban keagamaannya. Hasil tersebut menandakan bahwa ekstrak dari jus Buah, Bunga, dan Daun Pepaya varietas California dan Betik Sekaki sangat berpotensi sebagai bahan anti obesitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-7018-FK
Uncontrolled Keywords: Antiobesitas, Carica papaya L., Enzim lipase, Juice, PPL (Lipase form porcine pancreas), NPB (2,4-dinitrophenyl butyrate).
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
R Medicine > RX Homeopathy
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2024 13:37
Last Modified: 27 Feb 2024 13:58
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12976

Actions (login required)

View Item View Item