Putri, Geby Zalbila (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Kejenuhan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Angkatan 2021 Dan Pandangannya Menurut Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Preview |
Text
01. COVER.pdf Download (90kB) | Preview |
Preview |
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
3. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
05. ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf Download (128kB) | Preview |
Preview |
Text
08. BAB I.pdf Download (222kB) | Preview |
Preview |
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) | Preview |
|
Text
09. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
|
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
|
|
Text
13. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
|
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Hybrid learning merupakan sebuah pola pembelajaran kombinasi pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online. Metode hybrid learning membuat mahasiswa memiliki tanggung jawab yang lebih besar dengan jadwal yang padat dan aktivitas yang monoton sehingga hal ini dapat memunculkan kejenuhan pada diri mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Kejenuhan Mahasiswa Fakultas Kedokteran YARSI Angkatan 2021. Metode: Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif secara observasi analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI angkatan 2021. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 180 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui Google Form. Uji statistik memakai uji Chi-Square, Mann-Whitney dan Kolmogorov-Smirnov. Hasil: Pada penelitian ini terdapat 98 (54,4 %) mahasiswa yang mengalami kejenuhan tingkat sedang. Hasil analisa uji Kolmogorov-Smirnov didapatkan pvalue sebesar 0,011 yang berarti nilai tersebut < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran hybrid learning dengan kejenuhan dan tidak terdapat pengaruh antara jenis kelamin dan usia dengan kejenuhan. Kesimpulan: Terdapat pengaruh metode pembelajaran hybrid learning dengan kejenuhan. Dari perspektif Islam kejenuhan dapat diminimalisir apabila dilakukan dengan niat sebagai suatu ibadah sesuai ketentuan syariat dan etika menuntut ilmu.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | S-7665-FK |
| Uncontrolled Keywords: | Hybrid Learning, Kejenuhan, Mahasiswa Kedokteran |
| Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
| Depositing User: | Geby Putri |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 08:46 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 08:46 |
| URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
