Search for collections on Universitas YARSI Repository

HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PERFORMA AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI DAN TINJAUAN MENURUT PANDANGAN ISLAM

Christio, Marylin (2023) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PERFORMA AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI DAN TINJAUAN MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas Yarsi.

[thumbnail of 01. COVER.pdf]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 02. SURAT PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
02. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 05. ABSTRAK KATA KUNCI.pdf]
Preview
Text
05. ABSTRAK KATA KUNCI.pdf

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 08. BAB I.pdf] Text
08. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of 09. BAB II.pdf] Text
09. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of 13. BAB VI.pdf] Text
13. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Metode pendidikan dokter di Indonesia terus mengalami perkembangan seiring dengan berkembangnya ilmu dan praktik kedokteran yang mengalami banyak kemajuan dalam mengupayakan kesehatan masyarakat. Mahasiswa pendidikan dokter diharapkan dapat adaptif dalam mencapai kompetensi dokter yang yang sudah ditetapkan. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya pencapaian mahasiswa diantaranya strategi belajar, motivasibelajar, kondisi psikologi, keluarga, dan masalahkesehatan. Tujuan: Mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan performa akademik pada mahasiswa tahap akademik Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan data dilakukan dengan kuisioner Visual, Auditorik, Reading, Kinestetik (VARK) dan dianalisis menggunakan program SPSS versi 27.0. selanjutnya, data penelitian dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil: Total responden pada penelitian ini berjumlah 240 yang terdiri dari angkatan 2019, 2020, 2021, dan 2022. Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi angkatan 2019, 2020, 2021, dan 2022 dengan total responden 240, diantaranya memiliki gaya belajar Visual 24 responden (10%), Auditorik 26 (11%), Reading 118 (49%), Kinestetik 22 (9%), dan Multimodal 50 (21%). Gaya belajar yang mendominasi responden adalah Reading dengan presentase 49% dan gaya belajar yang paling sedikit dijumpai pada responden adalah Auditorik dengan presentase 11%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diinterpretasikan bahwa tidak terdapat hubungan antar gaya belajar dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi). Kesimpulan: Hubungan antara gaya belajar dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) memiliki korelasi yang lemah. Kata Kunci: Gaya Belajar, Performa Akademik, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Mahasiswa Kedokteran, Metode Belajar. Temuan ini menyiratkan bahwa mahasiswa kedokteran lebih memilih instruktur mereka menggunakan metode yang beragam pembelajaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-7683-FK
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Performa Akademik, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Mahasiswa Kedokteran, Metode Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Marylin Christio
Date Deposited: 10 Nov 2025 06:41
Last Modified: 10 Nov 2025 06:41
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12942

Actions (login required)

View Item View Item