Christio, Marylin (2023) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PERFORMA AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI DAN TINJAUAN MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas Yarsi.
Preview |
Text
01. COVER.pdf Download (110kB) | Preview |
Preview |
Text
02. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
05. ABSTRAK KATA KUNCI.pdf Download (127kB) | Preview |
|
Text
08. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
|
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
|
|
Text
09. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
|
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
|
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
|
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
|
Text
13. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
|
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang: Metode pendidikan dokter di Indonesia terus mengalami perkembangan seiring dengan berkembangnya ilmu dan praktik kedokteran yang mengalami banyak kemajuan dalam mengupayakan kesehatan masyarakat. Mahasiswa pendidikan dokter diharapkan dapat adaptif dalam mencapai kompetensi dokter yang yang sudah ditetapkan. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya pencapaian mahasiswa diantaranya strategi belajar, motivasibelajar, kondisi psikologi, keluarga, dan masalahkesehatan. Tujuan: Mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan performa akademik pada mahasiswa tahap akademik Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan data dilakukan dengan kuisioner Visual, Auditorik, Reading, Kinestetik (VARK) dan dianalisis menggunakan program SPSS versi 27.0. selanjutnya, data penelitian dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil: Total responden pada penelitian ini berjumlah 240 yang terdiri dari angkatan 2019, 2020, 2021, dan 2022. Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi angkatan 2019, 2020, 2021, dan 2022 dengan total responden 240, diantaranya memiliki gaya belajar Visual 24 responden (10%), Auditorik 26 (11%), Reading 118 (49%), Kinestetik 22 (9%), dan Multimodal 50 (21%). Gaya belajar yang mendominasi responden adalah Reading dengan presentase 49% dan gaya belajar yang paling sedikit dijumpai pada responden adalah Auditorik dengan presentase 11%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diinterpretasikan bahwa tidak terdapat hubungan antar gaya belajar dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi). Kesimpulan: Hubungan antara gaya belajar dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) memiliki korelasi yang lemah. Kata Kunci: Gaya Belajar, Performa Akademik, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Mahasiswa Kedokteran, Metode Belajar. Temuan ini menyiratkan bahwa mahasiswa kedokteran lebih memilih instruktur mereka menggunakan metode yang beragam pembelajaran yang lebih efektif.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | S-7683-FK |
| Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar, Performa Akademik, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Mahasiswa Kedokteran, Metode Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
| Depositing User: | Marylin Christio |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 06:41 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 06:41 |
| URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12942 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
