Search for collections on Universitas YARSI Repository

EFEKTIVITAS SISTEM SKORING PEDIATRIC APPENDICITIS SCORE (PAS) DALAM PENEGAKAN DIAGNOSIS APENDISITIS AKUT PADA ANAK DITINJAU DARI SEGI KEDOKTERAN DAN SUDUT PANDANG ISLAM DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PURI HUSADA TEMBILAHAN

Annisa, Olvie Astanaini (2018) EFEKTIVITAS SISTEM SKORING PEDIATRIC APPENDICITIS SCORE (PAS) DALAM PENEGAKAN DIAGNOSIS APENDISITIS AKUT PADA ANAK DITINJAU DARI SEGI KEDOKTERAN DAN SUDUT PANDANG ISLAM DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PURI HUSADA TEMBILAHAN. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (78kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN 1102014205.pdf

Download (64kB)
[img] Text
05. ABTRAK DAN KATA KUNCI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
08. BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)
[img] Text
09. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text
13. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)

Abstract

Latar Belakang: Apendisitis adalah penyakit paling umum yang membutuhkan pembedahan perut pada anak. Resiko perkembangan usus buntu seumur hidup dilaporkan sebesar 8,7% pada anak laki-laki dan 6,7% pada anak perempuan. Diagnosis apendisitis akut dianggap sangat menantang pada anak-anak karena kesulitan dalam komunikasi dan pemeriksaan. Beberapa studi melaporkan, kesulitan dalam mendiagnosis usus buntu pada anak mengakibatkan peningkatan risiko dari usus buntu positif palsu dan tertundanya pelaksanaan terapi, baik yang mengarah pada peningkatan morbiditas, komplikasi dan biaya. Pediatric Appendicitis Score (PAS) adalah satu-satunya sistem penelitian khusus oleh Samuel pada tahun 2002 yang dikembangkan untuk pasien anak. PAS telah divalidasi dan direkomendasikan oleh beberapa penulis dalam studi kasus. Dalam sudut pandang islam juga disebutkan bahwa orang-orang yang mau bersabar dalam menghadapi penyakitnya dan proses berobatnya adalah orang-orang yang bertaqwa. Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan menggunakan pendekatan retrospektif yang diambil dari data sekunder rekam medis pasien. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien Apendisitis akut anak di Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan selama periode Januari 2014 hingga Januari 2017 dan sampel penelitian ini adalah pasien apendisitis akut anak yang didiagnosis apendisitis akut dan ditatalaksana di bagian Bedah Rumah Sakit yang sama. Sampel akan diperoleh dari rekam medis yang akan didapat dari Poli Bedah Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan secara whole sampling dengan mengacu pada kriteria yang disesuaikan dengan tujuan penelitian. Selanjutnya, akan dinilai sesuai dengan komponen yang ada pada kriteria penilaian PAS. Analisis data menggunakan uji Binomial. Hasil: Dari hasil penelitian terdapat 18 orang (94,7%) yang positif apendisitis sesuai dengan hasil perhitungan menggunakan sistem skoring PAS, dan 1 orang (5,3%) yang tidak sesuai dengan sistem skoring. Dari hasil uji statistik menggunakan uji Binomial didapatkan nilai P value sebesar 0,000. Simpulan: PAS terbukti efektif untuk membantu penegakkan diagnosis Apendisitis akut pada anak. Dan terbukti bahwa semua penyakit dapat sembuh hanya atas seizin Allah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-7000-FK
Uncontrolled Keywords: Apendisitis akut anak, Pediatric Appendicitis Score
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2024 14:18
Last Modified: 21 Feb 2024 14:18
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12919

Actions (login required)

View Item View Item