Andria, Nadira Putri (2023) PERAN EMOTIONAL INTERFERENCE TERHADAP ORGANIZATION OF STUDY DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM MODEL SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA SERTA TINJAUANNYA DALAM ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Preview |
Text
1. COVER.pdf Download (41kB) | Preview |
Preview |
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (87kB) | Preview |
Preview |
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (153kB) | Preview |
Preview |
Text
9. ABSTRAK.pdf Download (186kB) | Preview |
Preview |
Text
15. BAB I.pdf Download (159kB) | Preview |
Preview |
Text
21. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) | Preview |
|
Text
16. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
|
|
Text
17. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
|
Text
18. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
|
Text
19. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
|
|
Text
20. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
|
Text
22. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
Abstract
Pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan besar dalam sistem pendidikan dengan pembelajaran daring sebagai solusi. Self-Regulated Learning (SRL) yang baik menjadi penting dalam pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mediasi dari prokrastinasi akademik terhadap emotional interference pada organization of study pada mahasiswa yang mengikuti perkuliahan secara daring dan mengetahui peran emotional interference terhadap organization of study. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif non�eksperimental. Subjek penelitian terdiri dari 153 mahasiswa aktif yang pernah mengikuti perkuliahan daring di wilayah Jabodetabek. Alat ukur yang digunakan meliputi Difficulties in Engaging Goal-Directed Behavior (GOALS), Cognitive and Metacognitive Strategies: Organization dan Academic Procrastination Scale(APS). Hasil penelitian menunjukkan emotional interference memiliki efek langsung yang negatif dan signifikan terhadap organization of study (β = -0. 069, p=0.003). Emotional interference berperan positif secara signifikan kepada prokrastinasi akademik (β = 0.142, p<.001). Variabel mediasi yaitu prokrastinasi akademik memiliki efek negatif yang signifikan kepada organization of study (β = -0.275, p=.001). Terdapat efek tidak langsung emotional interference ke organization of study negatif yang signifikan dengan jalur emotional interference ke prokrastinasi akademik dan prokrastinasi akademik ke organization of study (β= -0.039, p=0.003). Terdapat jalur total (β = -0.108, p<.001). Hasil penelitian menunjukkan prokrastinasi akademik dapat berperan menjadi variabel mediasi, dan emotional interference berperan secara negatif dan signifikan dalam memprediksi organization of study. Dalam pandangan Islam, emotional interference berperan negatif terhadap organization of study, dan emotional interference berperan positifkepada prokrastinasi akademik. Sedangkan prokrastinasi akademik berperan secara negatif kepada organization of study
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | S-469-PSI |
| Uncontrolled Keywords: | Organization of Study, Pandangan Islam, Prokrastinasi akademik, Self-Regulated Learning, Emotional Inference |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
| Depositing User: | Nadira Andria |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 06:05 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 06:05 |
| URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12918 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
