Search for collections on Universitas YARSI Repository

PENGARUH AKTIVITAS FISIK TERSTRUKTUR TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL LDL PADA ANGGOTA SANGGAR SENAM DITINJAU DARI KEDOKTERAN DAN ISLAM

Fitriyani, Fildzah (2018) PENGARUH AKTIVITAS FISIK TERSTRUKTUR TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL LDL PADA ANGGOTA SANGGAR SENAM DITINJAU DARI KEDOKTERAN DAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (96kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN 1102014100.pdf

Download (77kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN 1102014100.pdf

Download (54kB)
[img] Text
ABSTRAK 1102014100.pdf

Download (118kB)

Abstract

Latar Belakang: Risiko Berbagai penyakit kardovaskular dapat disebabkan karena adanya peningkatan kadar kolesterol LDL dalam darah. Untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular dapat dilakukan aktivitas fisik terstruktur atau berolahraga. Olahraga yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah aerobik. Islam menganjurkan kita untuk berolahraga dan mengenal diri sendiri seperti mengetahui kondisi kesehatan diri sendiri dengan cara melakukan pemeriksaan kolesterol dalam darah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas fisik terstruktur terhadap penurunan kadar kolesterol LDL pada anggota sanggar senam ditinjau dari kedokteran dan Islam. Metode: Penelitian ini bersifat eksperimental dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Perlakuan berupa olahraga aerobik yang dilakukan minimal 150 menit perminggu dan akan terus dipantau selama 3 bulan. Populasi dan sampel adalah anggota sanggar senam R dan K di Cempaka Putih dan Johar Baru berusia 18-60 tahun. Sampel dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Pengambilan sampel dilakukan sebelum melakukan senam pada hari pertama dan pada akhir penelitian. Hasil: Pene ian ini menunjukkan adanya penurunan kadar kolesterol LDL pada 13 orang dari 25 responden dengan hasil uji T berpasangan didapatkan nilai P = 0,6 Simpulan: Tidak ada nya pengaruh yang signifikan antara aktivitas fisik terstruktur terhadap penurunan kadar kolesterol LDL pada anggota sanggar senam. Dalam pandangan Islam, hubungan aktivitas fisik dan kadar kolesterol LDL terdapat dalam konsep munasabah yaitu mencapai sebuah hasil dengan melihat hubungan atau keterkaitan antara kedua variabelnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-6988-FK
Uncontrolled Keywords: Aktivitas fisik terstruktur, olahraga, kolesterol LDL, wanita
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2024 05:40
Last Modified: 19 Feb 2024 05:42
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12893

Actions (login required)

View Item View Item