Putri, Laras Amanda (2021) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENUGASAN PEMBUATAN VIDEO KETERAMPILAN KLINIK SELAMA PEMBELAJARAN DARING DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Preview |
Text
01. COVER.pdf Download (181kB) | Preview |
Preview |
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (741kB) | Preview |
Preview |
Text
03. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (200kB) | Preview |
Preview |
Text
04. ABSTRAK.pdf Download (378kB) | Preview |
Preview |
Text
07. BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (995kB) | Preview |
|
Text
08. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
09. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (887kB) |
|
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
12. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (990kB) |
Abstract
Latar Belakang: Sejak merebaknya pandemi yang disebabkan oleh virus Corona di Indonesia, banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah penyebarannya. Salah satunya pada bidang pendidikan maka dilakukan pembelajaran secara daring. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) sesuai surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No. 1 tahun 2020. Penggunaan media online atau media berbasis multimedia seperti penggunaan gawai sangat diperlukan dalam proses pembelajaran jarak jauh. Materi keterampilan klinik di Fakultas Kedokteran Universitas YARSI (FKUY) diberikan melalui zoom cloud meeting berbayar. Mahasiswa mempraktekkan keterampilan tersebut dengan diberikan penugasan pembuatan video menggunakan pasien simulasi sendiri dan peralatan sederhana untuk kemudian diberikan umpan balik oleh para instruktur yang telah ditunjuk sebagai bentuk penilaian mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa terhadap minat, efektivitas dan kemahiran psikomotor terhadap penugasan pembuatan video keterampilan klinik selama pembelajaran daring dan hubungannya dengan nilai skor OSCE. Metode: Pengisian kuesioner dalam bentuk google form. Analisis data menggunakan skala LIKERT untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa mengenai minat, efektivitas dan kemahiran psikomotor terhadap penugasan pembuatan video keterampilan klinik selama pembelajaran daring. Analisis bivariat dengan menggunakan uji korelasi Spearman dihubungkan dengan nilai skor OSCE. Hasil: Sekitar 60% mahasiswa FKUY mempunyai gambaran minat yang baik terhadap penugasan pembuatan video keterampilan klinik. Mereka juga berpendapat bahwa penugasan pembuatan video keterampilan klinik efektif dalam pembelajaran keterampilan klinik secara daring dan dapat meningkatkan kemahiran psikomotor mereka. Tetapi ada sekitar 40% mahasiswa yang memiliki minat dan pendapat yang sebaliknya. Pada uji bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang lemah serta tidak adanya korelasi antara minat, efektivitas dan kemahiran psikomotor terhadap nilai skor OSCE. Kesimpulan: Persepsi mahasiswa mengenai minat, efektivitas pembelajaran dan kemahiran psikomotor dalam penugasan pembuatan video keterampilan klinik tidak mempengaruhi hasil akhir evaluasi keterampilan klinik (OSCE) di FKUY.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | S-7330-FK |
| Uncontrolled Keywords: | Minat, Efektivitas, Kemahiran Psikomotor, Video Keterampilan Klinik, Pembelajaran Daring dan COVID-19. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
| Depositing User: | Laras Putri |
| Date Deposited: | 11 Jun 2025 01:03 |
| Last Modified: | 11 Jun 2025 01:03 |
| URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12714 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
