Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN TERHADAP LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DARING PADA METODE PEMBELAJARAN PRAKTIKUM ANATOMI DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM

Mahashin, Rozaan Afaaf (2022) PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN TERHADAP LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DARING PADA METODE PEMBELAJARAN PRAKTIKUM ANATOMI DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 01. COVER.pdf]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 02. HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 03. SURAT PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
03. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 05. ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf]
Preview
Text
05. ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 11. BAB I.pdf]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 18. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 12. BAB II.pdf] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[thumbnail of 13. BAB III.pdf] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of 14. BAB IV.pdf] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of 14. BAB IV.pdf] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of 15. BAB V.pdf] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[thumbnail of 16. BAB VI.pdf] Text
16. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[thumbnail of 20. LAMPIRAN.pdf] Text
20. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)

Abstract

Latar Belakang: Di masa pandemi Coronavirus disease 19 (COVID-19) saat ini, pada mahasiswa diberlakukan sistem pembelajaran yang berbeda dari biasanya, yaitu dengan menggunakan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kondisi ini menyebabkan kegiatan pembelajaran mahasiswa program studi kedokteran, seperti praktikum anatomi daring, diadaptasikan secara daring. Hal ini memengaruhi kepuasan mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti ingin mengukur persepsi kepuasan mahasiswa program studi kedokteran terhadap lingkungan pembelajaran daring pada metode pembelajaran praktikum anatomi. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan data dikumpulkan dengan alat ukur berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI angkatan 2019 pada Blok Ginjal dan Saluran Kemih. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat. Hasil: Berdasarkan 77 mahasiswa yang menjadi responden, didapatkan hasil penelitian bahwa sebanyak 74 mahasiswa (96,1%) merasa puas dengan kegiatan pembelajaran praktikum anatomi daring. Sebanyak 74 mahasiswa tersebut juga merasa puas pada faktor khusus dan faktor umum mendapat sebanyak 70 mahasiswa. Simpulan: Mayoritas mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI angkatan 2019 merasa puas dengan kegiatan pembelajaran praktikum anatomi daring. Dalam tinjauan Islam, persepsi mahasiswa terhadap praktikum anatomi daring dikatakan mencapai ghalabah al dzan, yakni sebuah gambaran persepsi yang diberikan oleh mahasiswa pada tahapan melebihi sebatas dugaan yang mengarah kepada keyakinan. Praktikum anatomi sesuai dengan ajaran Islam, dimana hukum menjadikan jenazah sebagai obyek penelitian bagi para mahasiswa di fakultas kedokteran adalah mubah, dengan dalil qiyas aulawi dan kaidah darurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-7539 FK
Uncontrolled Keywords: pandemi, COVID-19, praktikum anatomi daring, kepuasan
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Rozaan Mahashin
Date Deposited: 22 Oct 2025 08:15
Last Modified: 22 Oct 2025 08:15
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12595

Actions (login required)

View Item View Item